Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Benarkah Awal Menstruasi Menentukan Kapan Waktu Menopause? Berikut Penjelasan Dokter Boyke

Menurut seksolog kondang dr Boyke Dian Nugraha SpOG MARS, usia menstruasi memang memengaruhi kapan seorang perempuan menopause

Penulis: Aisyah Nursyamsi
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Benarkah Awal Menstruasi Menentukan Kapan Waktu Menopause? Berikut Penjelasan Dokter Boyke
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Aisyah Nursyamsi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Banyak informasi seputar mentruasi bagi perempuan yang masih dipertanyakan kebenarannya. Misalnya, usia menstruasi memengaruhi kapan seorang perempuan menopause.

Menurut seksolog kondang dr Boyke Dian Nugraha SpOG MARS, usia menstruasi memang memengaruhi kapan seorang perempuan menopause

"Orang yang awal haidnya, lamban menopause. Misal haid usia 9 tahun, maka bisa menopause usia 50 tahun. Berarti estrogen cukup di awal," ungkapnya pada kanal YouTube Sonora FM, dikutip Tribunnews, Jumat (8/10/2021).

Baca juga: Kalina Oktarani Alami Pendarahan, Vicky Prasetyo Sempat Telepon Dokter Boyke

Baca juga: Sudah Dinyatakan Menopause Tapi Masih Haid? Waspadai Kanker pada Rahim 

Perempuan yang dapat menstruasi di usia 13 keatas, biasanya lebih cepat untuk menopause. Dr Boyke pun mengatakan jika memang lebih baik menstruasi lebih awal.

"Hanya saja mereka mudah terserang kanker payudara. Karena dipengaruhi oleh estrogen tinggi selama wanita itu hidup. Karena estrogen tinggi, mulai 9 tahun dengan 50 tahunan, resikonya lebih tinggi,"

Salah satu cara untuk mengurangi risiko kanker payudara kata dr Boyke adalah menganjurkan perempuan untuk menyusui bayinya paling tidak 6 bulan.

BERITA TERKAIT

"Syukur-syukur 2 tahun. Tapi ingat kalau 2 tahun tetap MPASI. Kalau ASI saja, anak akan menjadi stunting atau kecil. Anak setiap 6 bulan dikasih makanan pendamping ASI seperti bubur, vitamin dan segala yang dibutuhkan oleh anak," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas