Tribun Kesehatan

Kemenkes Beri Penghargaan Industri Farmasi yang Inovatif Kembangkan Obat Modern Asli Indonesia

Kementerian Kesehatan RI memberikan penghargaan kepada industri farmasi yang telah berinovasi dalam pengembangan Obat Modern Asli Indonesia (OMAI).

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Anita K Wardhani
Kemenkes Beri Penghargaan Industri Farmasi yang Inovatif Kembangkan Obat Modern Asli Indonesia
Shutterstock
Jamu (Obat Herbal Indonesia). Kemenkes Beri Penghargaan Industri Farmasi yang Inovatif Kembangkan Obat Modern Asli Indonesia 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Kementerian Kesehatan RI memberikan penghargaan kepada industri farmasi yang telah berinovasi dalam pengembangan Obat Modern Asli Indonesia (OMAI).

Wakil Menteri Kesehatan dr Dante Saksono Herbuwono berharap inovasi-inovasi yang dikembangkan para pemenang dapat menjadi solusi di dunia kesehatan Indonesia.

Baca juga: Atasi Impor Obat, Pemerintah Dukung Pengembangan Fitofarmaka Jadi Produk Farmasi Utama Indonesia

Baca juga: Studi di Amerika: Obat Kecanduan Alkohol Berpotensi Untuk Melawan Covid-19 yang Parah

"Selamat kepada para pemenang kategori Indonesia Healthcare Innovation Awards 2021, saya berharap dengan munculnya ide-ide inovatif dari para inovator dapat menjadi solusi untuk memberikan manfaat yang lebih besar, cepat dan sustainable bagi perubahan perilaku hidup sehat bagi seluruh masyarakat Indonesia," tutur Wamenkes pada acara yang digelar baru-baru ini.

Menurut Dante, inovasi yang dikembangkan pemenang penghargaan, sejalan dengan 6 pilar transformasi sistem kesehatan yang dikembangkan pemerintah.

Keenam pilar itu adalah Transformasi layanan primer, Transformasi layanan rujukan, Transformasi sistem ketahanan kesehatan, Transformasi sistem pembiayaan kesehatan, Transformasi sumber daya manusia kesehatan, dan Transformasi teknologi kesehatan.

"Di sinilah peran para inovator bangsa dibutuhkan, berbagai ide-ide segar yang inovatif yang dapat meningkatkan performa pelayanan kesehatan yang efektif, efisien, dan memberikan kemudahan akses pada masyarakat disambut baik sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah dalam menjalankan upaya mewujudkan kesehatan bangsa Indonesia," imbuh Dante.

Penghargaan diberikan oleh Ketua Umum IndoHCF, dr. Supriyantoro, Sp.P, MARS.

Supriyantoro menyatakan, obat modern asli Indonesia (OMAI) merupakan wujud inovasi untuk kemandirian industri farmasi.

"Semoga bisa memberikan kontribusi terhadap bangsa dan negara dalam penanggulangan penyakit di Indonesia," ungkap Supriyantoro.

Kementerian Kesehatan RI memberikan penghargaan kepada industri farmasi yang telah berinovasi dalam pengembangan obat asli Indonesia. Salah satunya kepada PT Dexa Medica.
Kementerian Kesehatan RI memberikan penghargaan kepada industri farmasi yang telah berinovasi dalam pengembangan obat asli Indonesia. Salah satunya kepada PT Dexa Medica. (istimewa)
Halaman
12
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas