Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Jangan Anggap Sepele Nyeri Haid, Bisa Jadi Itu Gejala Endometriosis

Apabila nyeri haid terasa dengan intensitas tinggi, mengganggu aktifitas dan kadang terjadi nyeri di luar haid maka endometriosis perlu dicurigai.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Willem Jonata
zoom-in Jangan Anggap Sepele Nyeri Haid, Bisa Jadi Itu Gejala Endometriosis
Freepik
ilustrasi nyeri menstruasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Beberapa orang merasakan nyeri haid ringan saat haid. Namun ada yang memiliki gejala nyeri haid berat dan berulang.

Apabila itu terjadi berulang jangan anggap sepele. Bisa jadi itu merupakan gejala endometriosis.




Ketua Perhimpunan Endokrinologi Reproduksi dan Fertilitas Indonesia atau HIFERI Prof. Dr. dr. Wiryawan Permadi, Sp.OG(K) menjelaskan, Endometriosis merupakan penyakit yang sangat individual, dengan gejala dan dampak yang bervariasi.

Prevalensi endometriosis sebagai penyakit kronik progresif dengan rasa nyeri tinggi yang diderita oleh hampir 10 persen perempuan usia reproduktif di seluruh dunia.

Di Indonesia, prevalensi umum berkisar antara 3 persen - 10 persen, terutama pada perempuan dalam usia reproduksi.

Baca juga: 4 Bahan Herbal yang Membantu Induksi Menstruasi Secara Alami

“Perempuan dan anak perempuan yang memiliki kerabat dekat dengan endometriosis memiliki  kemungkinan 7-10 kali lebih besar untuk memiliki endometriosis. Endometriosis juga dilaporkan menelan biaya yang sangat mahal dalam perawatan kesehatan, ketidakhadiran dan kehilangan partisipasi sosial dan ekonomi,” jelas Prof. Wiryawan, Selasa (29/3/2022).

BERITA TERKAIT

Ia menyebut, Endometriosis termasuk penyakit dengan kekambuhan tinggi sehingga perlu terapi jangka panjang untuk menanganinya.

"Yang perlu mendapat perhatian, karena ini penyakit kronis dan menahun, harus jangka panjang. Kalau tidak, akan jadi masalah karena kambuh," kata dia.

Ditambahkan, Staf Divisi Fertilitas Endokrinologi Reproduksi Departemen OBGYN FKUI-RSCM, Achmad Kemal Harzif, SpOG(K),  salah satu yang sering dialami oleh pasien endometriosis adalah keterlambatan diagnoisis.

Berbagai penelitian ditemukan bahwa rata-rata mengalami keterlambatan diagnosis selama 6-7 tahun.

Dari data penelitian pasien yang berkunjung ke RSCM, didapatkan rata-rata pasien membutuhkan waktu 6 bulan sejak timbul gejala hingga datang ke dokter.

"Selain itu pasien juga rata-rata sudah menjalani terapi di 4 fasilitas kesehatan selama 3.5 tahun sebelum akhirnya benar-benar dirujuk,” jelas dr. Kemal.

Hal ini, terjadi karena berbagai faktor. Salah satunya adalah minimnya pengetahuan terkait penyakit ini. Dampaknya, penanganannya hingga saat ini belum maksimal.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas