Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Klarifikasi Produsen Kecap Manis dan Saus Sambal ABC Soal Penarikan Produknya di Singapura

Merespons penarikan produk kecap manis ABC dan saus sambel ayam goreng ABC di Singapura membuat produsen memberikan klarifikasi.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Klarifikasi Produsen Kecap Manis dan Saus Sambal ABC Soal Penarikan Produknya di Singapura
TRIBUN TIMUR
Deretan saus tomat dari berbagai merk di etalase supermarket. Merespons penarikan produk kecap manis ABC dan saus sambel ayam goreng ABC di Singapura membuat produsen memberikan klarifikasi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Merespons penarikan produk kecap manis ABC dan saus sambel ayam goreng ABC di Singapura membuat produsen memberikan klarifikasi.

PT Heinz ABC Indonesia produsen produk kecap manis ABC dan saus sambel ayam goreng ABC dalam siaran pers yang diterima Tribunnews.com, Rabu (7/9/2022) menyampaikan klarifikasinya.

Baca juga: Singapura Tarik Produk Kecap Manis ABC dan Saus Sambal Ayam Goreng karena Mengandung Alergen

Menurut keterangan ini diketahui, masuknya kedua varian produk ABC yaitu Kecap Manis ABC dan Sambal Ayam Goreng ABC ke pasar Singapura merupakan tindakan paralel impor yang dilakukan oleh distributor tidak resmi (unauthorized distributor) atau tidak melalui koordinasi dengan PT Heinz ABC Indonesia sebagai perusahaan pembuat produk dan pemilik resmi merek ABC.

"Kedua produk tersebut, Kecap Manis ABC dan Sambal Ayam Goreng ABC, bukanlah varian produk yang secara khusus diperuntukan untuk diekspor ke pasar Singapura," bunyi keterangan resmi tersebut.

PT Heinz ABC Indonesia memiliki komitmen tertinggi untuk menjaga menjaga standar kualitas dan keamanan dari seluruh produk-produk, dengan senantiasa memastikan kepatuhan terhadap seluruh peraturan yang berlaku, baik di negara Indonesia maupun seluruh negara yang menjadi tujuan ekspor produk.

Baca juga: Resep Telur Goreng Saus Kecap Asam Manis, Cocok Jadi Menu Makan Malam yang Simpel dan Enak

Hal ini menyangkut seluruh aspek kemanan pangan, termasuk penggunaan bahan baku, proses produksi, hingga standar informasi pada label kemasan.
"Kami akan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk memastikan standar kualitas dan keamanan pangan dari seluruh produk PT Heinz ABC Indonesia tetap terjaga dengan baik," tegas pernyataan tersebut.

BERITA REKOMENDASI

Ditarik karena Mengandung Zat Alergen

Sebelumnya, Singapore Food Agency (SFA) mengumumkan telah menarik tiga produk karena mengandung alergen.

Dalam siaran pers SFA pada Selasa (6/9) dua diantaranya adalah ABC Kecap Manis, dan Saus Sambal Ayam Goreng ABC.

Dikutip dari Channel News Asia, dua produk ABC tersebut berasal dari Indonesia itu diketahui mengandung sulfur dioksida.

Baca juga: Resep Tahu Sawi Putih Saus Teriyaki, Cocok Jadi Hidangan Makan Siang

Penarikan tersebut memengaruhi semua produk kecap manis ABC yang diimpor oleh New Intention Trading, dengan tanggal kedaluwarsa 26 Juni 2024.

Juga sambal ayam goreng saus ABC diimpor oleh Distributor Arklife dan memiliki tanggal kedaluwarsa 6 Januari 2024.

Saus sambal
Saus sambal (net)

SFA juga mendeteksi di dalamnya adanya asam benzoat, yang tidak disebutkan pada label kemasan makanan.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas