Tribun Kesehatan

Tidak Perlu Diet, Anak Obesitas Ternyata Bisa Disunat Tanpa Diet

Khitan C-Plus di wilayah Bekasi, Jawa Barat merupakan klinik untuk sunat bagi anak yang mengalami obesitas. Jadi anak yang kegemukan tidak perlu diet.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Arif Fajar Nasucha
zoom-in Tidak Perlu Diet, Anak Obesitas Ternyata Bisa Disunat Tanpa Diet
Klinik Khitan C-Plus
Klinik sunat khusus anak laki-laki yang mengalami kegemukan (obesitas) 'Khitan C-Plus'. Khitan C-Plus di wilayah Bekasi, Jawa Barat merupakan klinik untuk sunat bagi anak yang mengalami obesitas. Jadi anak yang kegemukan tidak perlu diet. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sunat atau khitan merupakan tradisi yang biasa dilakukan anak laki-laki di Indonesia, terutama pada kalangan masyarakat muslim.

Nah, selain dianggap sebagai tradisi, ilmu medis mengakui bahwa sunat dapat menjaga kebersihan dan kesehatan alat reproduksi laki-laki, serta mencegah munculnya berbagai infeksi maupun penyakit.

Kendati demikian, meskipun sunat telah menjadi tindakan yang umum dilakukan, ada beberapa kondisi yang tentunya menjadi faktor penyebab 'mengapa anak sulit untuk disunat'.

Satu di antaranya adalah karena mengalami kegemukan (obesitas).

Saat ini ternyata banyak anak dengan kondisi ini yang memiliki penis pendek atau tenggelam dalam lemak perut.

Hal ini menyebabkan beberapa dokter maupun klinik sunat terpaksa menunda proses khitan hingga anak tersebut turun berat badannya.

Namun bagi anak-anak, diet merupakan hal yang sulit dilakukan.

Oleh karena itu, saat ini muncul pula klinik untuk sunat bagi anak yang mengalami obesitas bernama 'Khitan C-Plus, khususnya di wilayah Bekasi, Jawa Barat.

Layanan ini menawarkan solusi bagi anak gemuk dengan kondisi yang sulit untuk disunat.

Baca juga: Komnas KIPI: Semua Vaksin Covid-19 Masih Teruji Aman

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas