Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

BPOM: Produk Air Minum Dalam Kemasan Harus Berlabel Bebas BPA

BPOM menyatakan senyawa Bhispenol A atau BPA terindikasi mengandung penyakit tidak menular dan kerap ditemukan pada air kemasan galon.

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Choirul Arifin
zoom-in BPOM: Produk Air Minum Dalam Kemasan Harus Berlabel Bebas BPA
Tribunnews/Nitis Hawaroh
Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Rita Endang dalam Expert Forum Inovasi Kemasan Plastik untuk Keamanan Konsumen di kampus Universitas Indonesia, Depok, Rabu (23/11/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Rita Endang menyampaikan, pelabelan senyawa Bisphenol A (BPA) akan diterapkan pada produk air minum dalam kemasan (AMDK).

Rita mengatakan, senyawa tersebut terindikasi mengandung penyakit tidak menular dan kerap ditemukan pada air kemasan galon.




Untuk itu, pihaknya tengah merevisi peraturan nomor 31 tahun 2018 tentang label pangan olahan.

"BPA ini bukan persoalan nasional, tapi sudah persoalan global. Persoalan yang di berbagai negara sudah diatur. Jadi ini persoalan global yang harus ditangani," kata Rita dalam Expert Forum Inovasi Kemasan Plastik untuk Keamanan Konsumen, di Universitas Indonesia, Depok, Rabu (23/11/2022).

Rita memaparkan, senyawa BPA memiliki risiko yang mampu menyerang anak-anak hingga dewasa. Terlebih, hasil uji migrasi BPA pada galon AMDK tahun 2021-2022, tercatat melebihi 0,6 bpj atau sebanyak 3,4 persen di sarana distribusi dan peredaran.

"BPA bekerja dengan mekanisme endocrine disruptor, khususnya hormon estrogen sehingga berkolerasi pada gangguan sistem reproduksi, kanker, ginjal, gangguan perkembangan otak," tuturnya.

BERITA TERKAIT

Menurut Rita, antisipasi penyebaran senyawa BPA ini perlu diawasi oleh berbagai pihak dari pemerintahan hingga industri bahkan masyarakat.

Baca juga: BPOM dan Apdamindo Tegaskan Pelabelan BPA pada Galon Tidak Matikan Industri Depot Air Minum

"Dalam undang-undang terkait dengan pangan, setiap mata rantai dari bahan baku produksi, di distribusikan sampai ke ritel jadi satu mata rantai. Tanggungjawab tiga layer yaitu pemerintah, industri dan masyarakat," ucapnya.

Rita memaparkan, nantinya revisi peraturan BPOM Nomor 31 Tahun 2018 tentang label pangan berisi sejumlah aturan, ini rinciannya:

  • Kewajiban mencantumkan tulisan "Simpan di tempat bersih dan sejuk, hindarkan dari matahari langsung dan benda-benda berbau tajam".
  • AMDK yang menggunakan kemasan plastik polikarbonat wajib mencantumkan tulisan "Berpotensi menggandung BPA".
  • AMDK yang beredar wajib menyesuaikan paling lama 2 tahun sejak peraturan diundangkan.
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas