Tribun Kesehatan

Virus Corona

Kasus Covid-19 Kembali Melonjak, Saatnya Hidup Berdampingan dengan Virus Ini, Bagaimana Caranya?

Pandemi virus corona (Covid-19) yang telah berlangsung lebih dari 2 tahun, membuat masyarakat harus bisa hidup berdampingan dengan virus tersebut.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Kasus Covid-19 Kembali Melonjak, Saatnya Hidup Berdampingan dengan Virus Ini, Bagaimana Caranya?
Ist
Ilustrasi pandemi global akibat Covid-19. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Di tengah munculnya kasus subvarian COVID-19 baru, kasus COVID-19 di Indonesia kembali meningkat signifikan.

Hal ini diungkapkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Budi Gunadi Sadikin bahwa meningkatnya kembali kasus COVID-19 di Indonesia akhir-akhir ini disebabkan oleh munculnya tiga subvarian baru.

Tiga subvarian baru tersebut adalah BA2.75, XBB, dan BQ1, namun yang paling banyak di Indonesia adalah BQ1.

Sementara itu di Indonesia sendiri, aktivitas di tempat umum sudah mulai berjalan 100 persen, dimana sudah tidak ada pembatasan untuk beraktivitas seperti sebelumnya guna untuk menekan angka lonjakan penyebaran virus, sehingga pandemi COVID-19 ini sulit diprediksi kapan akan berakhir.

Meski demikian, untuk membantu mencegah dan mengendalikan penyebaran virus COVID-19 di saat aktivitas sudah dijalankan 100%, sesuai aturan saran dari pemerintah dimuat dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 15 Tahun 2021 tentang PPKM Darurat COVID-19 Wilayah Jawa-Bali, bahwa untuk menahan laju kenaikan COVID-19 saat ini, aktivitas di dalam ruangan harus disertai ventilasi yang baik dan menggunakan HEPA filter atau alat pembersih udara di dalam ruangan.

Karena menurut penelitian terbaru dari National Institute of Health, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, dan Universitas Princeton menyadari bahwa COVID-19 dapat bertahan di partikel udara hingga tiga jam.

WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) mengakui bahwa virus corona dapat ditularkan melalui udara.

Namun perlu diketahui, tidak semua alat pembersih udara efektif dapat menjaga aktivitas banyak orang di dalam ruangan.

Butuh pembersih udara yang berkapasitas besar dan tahap penyaringan yang kuat agar pertukaran udara bersih bisa maksimal.

Karena pembersih udara yang kecil hanya untuk dipakai di dalam rumah yang tidak banyak orang beraktivitas.

Solidas Technologia Italia dengan merek SOLIDAS, menghadirkan pembersih udara berkapasitas besar dan cocok untuk tempat umum yang banyak terdapat orang beraktivitas.

Solidas Italia adalah merek pembersih udara Industri terkemuka di Eropa yang berpengalaman selama puluhan tahun dalam bidang filtrasi dan tata udara di dalam ruangan.

SOLIDAS menghadirkan konsep membawa keunggulan desain dan teknik filtrasi HVAC yang canggih.

“Melalui produk filtrasi dan pembersih udara, kami ingin turut serta membantu memperjuangkan udara bersih untuk kehidupan masa depan yang lebih baik. Karena kami percaya bahwa mendapatkan udara bersih adalah hak asasi manusia," kata Andy selaku Enginering Head SOLIDAS dalam keterangan yang diterima, Rabu (7/12/2022).

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas