Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Apa Itu Infeksi Naegleria Fowleri, Si Amoeba Pemakan Otak yang Muncul di Korsel?

Ini terjadi setelah ia kembali ke negara itu pada 10 Desember lalu dari Thailand, tempat dirinya menghabiskan waktu empat bulan.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Daryono
zoom-in Apa Itu Infeksi Naegleria Fowleri, Si Amoeba Pemakan Otak yang Muncul di Korsel?
CDC
Ilustrasi - amoeba pemakan otak 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, SEOUL - Pada 26 Desember lalu, Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA) melaporkan kasus pertama infeksi Amoeba Naegleria Fowleri atau disebut sebagai 'amoeba pemakan otak'.

Amoeba Naegleria Fowleri yang biasa ditemukan di tanah dan air tawar yang hangat seperti danau, sungai dan mata air panas, saat ini telah 'merenggut' nyawa korban pertamanya di Korea Selatan (Korsel).

Menurut KDCA, pria yang meninggal akibat infeksi ini adalah seorang warga negara Korea yang berusia 50-an tahun.

Ini terjadi setelah ia kembali ke negara itu pada 10 Desember lalu dari Thailand, tempat dirinya menghabiskan waktu empat bulan.

Baca juga: Korsel Konfirmasi Kasus Pertama Amoeba Pemakan Otak

Pria itu dirawat di rumah sakit sehari setelah kembali dari luar negeri, dengan mengalami gejala yang meliputi sakit kepala, demam, muntah, disfungsi bicara dan lainnya.

Ia pun dinyatakan meninggal pada 21 Desember lalu.

BERITA REKOMENDASI

Setelah melakukan tes genetik pada tiga jenis patogen yang menyebabkan infeksi Amoeba Naegleria fowleri, pada Senin kemarin KDCA mengkonfirmasi infeksi pada pasien yang meninggal dengan meningitis otak, yang 'baru saja kembali dari luar negeri' itu.

"Demi mencegah infeksi Naegleria Fowleri, kami merekomendasikan untuk menghindari aktivitas berenang dan rekreasi serta menggunakan air bersih saat bepergian ke daerah di mana kasus telah dilaporkan," kata Kepala KDCA, Jee Young-mee, dalam siaran persnya.

Orang-orang di negara itu juga sangat disarankan untuk mengambil tindakan pencegahan seperti memasang klip khusus pada hidung mereka saat berenang untuk mencegah masuknya air.

Dikutip dari laman Sputnik News, Selasa (27/12/2022), sejak 2018 lalu, sekitar 381 kasus Naegleria Fowleri telah dilaporkan dalam skala global, termasuk di Thailand, India, Amerika Serikat (AS), Jepang dan China.

Inilah yang perlu anda ketahui tentang mikroorganisme yang berpotensi fatal ini.

Lalu apa itu Amoeba Naegleria Fowleri?

Spesies dari genus Naegleria, organisme bersel tunggal yang disebut Amoeba Naegleria Fowleri adalah sejenis amoeba yang secara khusus dirancang untuk menghuni air tawar dan tanah yang hangat.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas