Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

70 Juta Perokok Aktif di RI, Pakar Kesehatan: Perlu Pendekatan Pentahelix Turunkan Angka Prevalensi

Data Survei Kesehatan Nasional (SKI) tahun 2023 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menunjukkan jumlah perokok aktif diperkirakan mencapai 70 juta

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
zoom-in 70 Juta Perokok Aktif di RI, Pakar Kesehatan: Perlu Pendekatan Pentahelix Turunkan Angka Prevalensi
SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
SERAP PEKERJA WANITA - Suasana perusahaan pengolahan tembakau Mitra Produksi Sigaret (MPS) Dander di bawah naungan Koperasi Karyawan Redrying Bojonegoro (Kareb) yang baru diresmikan Gurbernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Selasa (30/01/2024). Saat ini MPS Dander bekerja sama dengan PT H.M. Sampoerna telah memiliki sedikitnya 3.090 tenaga kerja. Mereka rata-rata warga sekitar. Mayoritas merupakan perempuan. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Data Survei Kesehatan Nasional (SKI) tahun 2023 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menunjukkan jumlah perokok aktif diperkirakan mencapai 70 juta orang.

Praktisi kesehatan dan psikolog klinis dewasa, Nuran Abdat menyebut pendekatan pentahelix lewat kolaborasi seluruh pemangku kepentingan, dalam hal ini pemerintah, akademisi, masyarakat, media dan pelaku usaha jadi satu solusi agar perokok dewasa punya opsi untuk beralih dari kebiasaan merokok sekaligus menurunkan risikonya.

Menurutnya menurunkan prevalensi merokok bukan sekedar fokus pada adiksi perokok.

Tapi peran seluruh bidang keilmuan serta pelaku industri dan konsumen untuk gotong royong meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap dampak buruk tembakau.

Pilihan tersebut perlu dihadirkan lantaran banyak perokok dewasa yang sulit berhenti merokok.

“Menurunkan prevalensi merokok bukan sekedar fokus pada adiksi perokok. Namun, peran seluruh bidang keilmuan termasuk pemerintah, praktisi kesehatan, serta pelaku industri dan konsumen untuk berkolaborasi meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pengurangan dampak buruk tembakau melalui pendekatan alternatif,” kata Nuran kepada wartawan, Kamis (4/7/2024).

BERITA TERKAIT

Nuran menjelaskan kebiasaan merokok yang dilakukan selama jangka panjang jadi tantangan dalam penurunan prevalensi.

Sehingga perlu ada modifikasi perilaku bagi perokok dewasa yang sulit berhenti dari kebiasaan tersebut, dan beralih ke produk tembakau alternatif yang secara ilmiah memiliki profil risiko lebih rendah.

Misalnya saja dengan pendekatan lewat produk tembakau alternatif seperti rokok elektrik atau vape dan produk tembakau yang dipanaskan.

“Pendekatan alternatif melalui produk tembakau alternatif, seperti rokok elektrik atau vape dan produk tembakau yang dipanaskan, memiliki potensi dalam menurunkan prevalensi merokok. Harapannya ke depan kita bisa bersama-sama mengevaluasi penggunaan produk yang lebih rendah risiko ini,” katanya.

Baca juga: Asosiasi Pedagang Kritisi Aturan Zonasi Penjualan Rokok di RPP Kesehatan, Ini Alasannya

Sementara itu, Sekretaris Umum Asosiasi Personal Vaporizer Indonesia (APVI), Garindra Kartasasmita menyebut penurunan prevalensi perokok perlu melibatkan lintas sektoral, di mana langkah awal bisa lewat pemberian edukasi dan solusi.

“Kami berharap pemerintah dapat ikut berperan memberikan informasi yang akurat tentang produk tembakau alternatif,” ucap Garindra.

Kendati lebih rendah risiko ketimbang rokok, produk tembakau alternatif kata Garindra, hanya untuk perokok dewasa, tidak ditargetkan bagi mereka yang berusia di bawah 18 tahun, ibu hamil dan menyusui, serta nonperokok.

“Produk tembakau alternatif dapat dimanfaatkan untuk menurunkan prevalensi merokok di kalangan perokok dewasa, yang pada akhirnya akan menghemat pengeluaran pemerintah terkait beban kesehatan akibat kebiasaan merokok,” ungkap dia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas