Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Susu Ikan Dijual di Online Rp 129 Ribu, Ada yang Berbahan Baku Ikan Rucah, Ini Nilai Gizinya

Susu ikan bakal menjadi menu program makan bergizi gratis sudah ada di pasaran. Pelapak online menjual susu dari ikan rucah. Ini nilai giziny

Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Susu Ikan Dijual di Online Rp 129 Ribu, Ada yang Berbahan Baku Ikan Rucah, Ini Nilai Gizinya
Dok. KemenKopUKM/gizi.uad.ac.id
Susu ikan dalam menu program makan siang bergizi gratis. Susu ikan bakal menjadi menu program makan bergizi gratis sudah ada di pasaran. Pelapak online menjual susu dari ikan rucah. Ini nilai giziny 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Susu ikan bakal menjadi menu program makan bergizi gratis ternyata sudah ada di pasaran. Pelapak online menjualnya. Berapa harganya?

Diketahuii, susu ikan menjadi populer saat muncul wacana akan menjadi opsi pengganti susu sapi.

Baca juga: Kata Wamentan Soal Isu Susu Ikan dalam Program Makan Bergizi Gratis

Ketua Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran, Burhanuddin Abdullah menyebut susu ikan memang memiliki banyak keuntungan sama halnya dengan susu sapi. Sebab, Indonesia memang sudah banyak menghasilkan susu ikan selama ini.





Tribunews.com mencoba menelusuri e-commerce yang menjual susu ikan. Ada salah satu pelapak di sebuah e-commerce ternama menjajakan susu ikan bermerk 'Surikan'.

Saat Tribunnews.com berkirim pesan chat pada pelapak dengan nama @forayyaoficialshop tersebut mengaku jika susu ikan yang dijualnya terbuat dari ikan rucah.

Baca juga: Kontroversi Susu Ikan dalam Program Makan Gratis Prabowo, Dikritik Ahli Gizi hingga Kata Istana

"Untuk surikan ini kami pakai ikan rucah kak. Kandungan gizinya tinggi," ujar pelapak tersebut saat dikonfirmasi Tribun, Kamis(12/9/2024).

Ia mengklaim kandungan gizinya sangat tinggi. Apa kandungan ikan rucah? Yuk ikuti ulasan Tribunnews.com.

BERITA TERKAIT

 

Gizi Ikan Rucah

Pekerja menjemur ikan asin di kawasan Muara Angke, Jakarta Utara, Kamis (18/4/2024). Menurut salah satu pekerja produksi ikan asin kembali normal usai libur Lebaran. Ada beberapa jenis ikan asin yang di produksi diantaranya Ikan Tongkol, Tenggiri, dan Tanjan. Tribunnews/Jeprima
Pekerja menjemur ikan asin di kawasan Muara Angke, Jakarta Utara, Kamis (18/4/2024). Menurut salah satu pekerja produksi ikan asin kembali normal usai libur Lebaran. Ada beberapa jenis ikan asin yang di produksi diantaranya Ikan Tongkol, Tenggiri, dan Tanjan. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/JEPRIMA)

Diketahui ikan rucah adalah merupakan jenis ikan yang bukan merupakan target utama dari nelayan. Ikan ini ikut terjaring bersama dengan ikan-ikan yang dituju oleh nelayan.


Dengan pengolahan sederhana, ikan rucah ini diyakini memiliki banyak manfaat.


Beberapa manfaat itu ialah sebagai umpan untuk memancing, umpan untuk penangkapan ikan.

Ikan rucah ini juga sebagai sumber makanan alternatif protein tinggi untuk budidaya ika san , bahan utama pembuatan olahan pakan buatan ikan.

Tak hanya itu, ikan rucah juga dibuat menjadi tepung ikan.


Dikutip dari berbagai sumber, ikan rucah sebagai pakan ikan yang relatif murah, ikan rucah memiliki kandungan gizi yang baik.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas