Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

BUMDes sebagai akselerator Meningkatnya Kesejahteraan dan Kualitas Hidup Warga Desa Sumber Urip

Desa Sumber Urip menjadi salah satu desa yang mampu meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup warga desanya melalui peran Badan Usaha Milik Desa-n

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Content Writer
zoom-in BUMDes sebagai akselerator Meningkatnya Kesejahteraan dan Kualitas Hidup Warga Desa Sumber Urip
TRIBUNNEWS.COM/VINCENTIUS JYESTHA
Kantor BUMDes Urip Jaya di Desa Sumber Urip, Kecamatan Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha 

Desa Sumber Urip menjadi salah satu desa yang mampu meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup warga desanya melalui peran Badan Usaha Milik Desa-nya (BUMDes). 

Ya, desa yang terletak di Kecamatan Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, itu memang merasakan peran BUMDes.




Terutama usai Dana Desa dikucurkan langsung dari pemerintah pusat ke desa, warga desa bisa secara independen menentukan prioritas pembangunan desanya sendiri. Dana desa dimanfaatkan sepenuhnya untuk meningkatkan kesejahteraan warga desa, salah satunya melalui pembentukan BUMDes untuk mengelola beberapa unit usaha yang bisa menjadi sumber pemasukan bagi warga desa. 

Sekedar informasi, Dana Desa sendiri telah diterima desa yang berada di kaki gunung Kaba itu sejak tahun 2015 silam. 

Ketua BUMDes Urip Jaya, Sigit Widianto, mengatakan banyak manfaat positif yang diterima usai pembentukan BUMDes Urip Jaya.

Pemuda desa yang juga anggota BUMDes, kini tak lagi bekerja sebagai petani atau buruh tani saja. Mereka mendapatkan pendapatan tetap dan berkontribusi di sektor unit wisata Taman Wisata Alam Bukit Kaba. 

BERITA TERKAIT

Bahkan, pengunjung di sektor wisata terus meningkat dan semakin memperlihatkan potensi Desa Sumber Urip sebagai salah satu destinasi desa wisata di Indonesia.

Adapun di dalam struktur BUMDes Urip Jaya terdapat lima unit yang membantu potensi desa wisata serta kesejahteraan warganya terjamin. 

Lima unit itu antara lain unit PPOB (Payment Point of Bank), unit bokasi, unit wisata, unit air bersih dan unit tenda.

Unit wisata, kata dia, sangat terbantu dengan peran Bumdes. Buktinya unit tersebut menjadi penyumbang pendapatan terbesar dari seluruh unit, yakni 70 persen.

"Range pendapatan BUMDes dari unit wisata bisa mencapai Rp 15 juta per bulan, sejak dikelola oleh BUMDes, pendapatan ini merupakan yang terbesar dibandingkan dari unit lainnya" ujar Sigit, di Kantor BUMDes Urip Jaya, Bengkulu, Kamis (11/10/2018).

Selain itu, dua unit terakhir sangat berkaitan erat dengan keunikan desa Sumber Urip yakni terkait dana sosial.

Dana sosial digunakan desa ini untuk membantu pada warganya yang membutuhkan pertolongan ataupun sedang tertimpa musibah. Sebuah 'kepedulian' yang disalurkan secara efektif melalui peran BUMDes.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas