Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ketua LMA Ilwayab Dukung Penuh Program Cetak Sawah dan Tidak Ada Penyerobotan Tanah Ulayat

Ketua Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Ilwayab mendukung upaya pemerintah membangun sektor pertanian melalui cetak sawah di Kabupaten Merauke.

Editor: Content Writer
zoom-in Ketua LMA Ilwayab Dukung Penuh Program Cetak Sawah dan Tidak Ada Penyerobotan Tanah Ulayat
Istimewa
Ketua Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Ilwayab, Kabupaten Merauke, Papua Selatan, Yohanes Mahuse saat berdialog bersama Uskup Agung Merauke, Dansatgas Ketahanan Pangan Mabes TNI AD dan jajaran Kementerian Pertanian, Selasa (24/9/2024). 

TRIBUNNEWS.COM, MERAUKE - Ketua Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Ilwayab, Kabupaten Merauke, Papua Selatan, Yohanes Mahuse mendukung penuh upaya pemerintah dalam membangun sektor pertanian melalui cetak sawah di Kabupaten Merauke, Papua Selatan.

Hal ini disampaikan Mahuse usai bertemu Uskup Agung Merauke, Selasa (24/9/2024). Menurutnya, cetak sawah memiliki dampak yang sangat bagus terutama untuk masyarakat adat setempat.

"Saya mengutip dari Uskup Agung bahwa kita harus mendukung program ini agar berjalan dengan lancar Kalaupun ada kendala dari sejumlah pihak yang tidak setuju dengan cetak sawah menurut saya hanya kurang sosialisasi saja," ujar Mahuse saat berdialog bersama Uskup Agung Merauke, Dansatgas Ketahanan Pangan Mabes TNI AD dan jajaran Kementerian Pertanian, Selasa (24/9/2024).

Mahuse mengatakan, pemerintah sebaiknya melakukan pendekatan ke berbagai titik dan distrik untuk meyakinkan program tersebut merupakan program strategis nasional untuk kepentingan bangsa dan masyarakat Papua.

"Mari kita melihat proses ini dengan baik. Sosialisasi jangan pernah putus dan mari kita bersama-sama agar jangan sampai persoalan ini ditinggalkan. Sebab bagaimanapun juga program ini adalah program bagus dan mari kita duduk agar program pemerintah yang sudah bagus ini bisa berjalan," katanya.

Sekali lagi, Menurut Mahuse, pendekatan dan sosialisasi menjadi aspek yang sangat penting di tanah Papua. Dengan begitu, masyarakat bisa menerima apa yang menjadi program pemerintah untuk kepentingan bangsa dan negara.

"Setelah kita ketemu saya pikir semua ini akan berjalan lancar. Dan intinya pendekatan menjadi hal yang paling utama," jelasnya.

Baca juga: Diberi Pembekalan oleh Prabowo, Andi Amar Putera Mentan Amran Ungkap Pesan Penting

BERITA TERKAIT

Disisi lain, Mahuse menegaskan program cetak sawah yang digarap Kementerian Pertanian pada 2025 mendatang tidak ada masalah apalagi sampai merugikan masyarakat adat.

Menurut dia, masyarakat sudah yakin bahwa pergerakan penyerobotan tanah ulayat oleh negara atas nama cetak sawah adalah narasi yang tidak benar.

"Masyarkat sudah tidak takut lagi dan bimbang kalau tanahnya hilang di ambil perusahaan. Apalagi hak tanah ulayat, sama sekali tidak ada peralihan kepada siapa pun dan tetap akan menjadi milik masyarakat," katanya.

Baca juga: Ketua Marga Merauke Ajak Masyarakat Dukung Program Cetak Sawah

Mahuse mengatakan masyarakat sepenuhnya memahami program cetak sawah merupakan program strategis nasional yang bertujuan memenuhi kebutuhan dalam negeri serta mensejahterakan rakyat Papua Selatan secara keseluruhan.

"Masyarakat paham betul akan keuntungan pola bagi dalam pengelolaan lahan cetak sawah kedepan," katanya.

Sementara itu, Uskup Agung Kabupaten Merauke, Papua Selatan Mgr. Petrus Canisius Mandagi mendukung upaya cetak sawah yang akan dilakukan pemerintah pada tahun 2025 mendatang. Menurut dia, proyek tersebut merupakan proyek kemanusiaan bagi masyarakat papua karena berkaitan erat dengan kebutuhan pokok, yaitu makanan.

"Program ini adalah memanusiakan orang dengan pertanian yang ada di Papua, maka kami, gereja-gereja, juga punya tujuan untuk memanusiakan orang, bukan mengkotak-kotakan orang. Orang itu selaras dengan hukum kemanusiaan yang kita anut," jelasnya.

Baca juga: Tingkatkan Produktivitas, Kementan Percepat Perluasan Areal Tanaman Padi

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas