Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Modeling Budidaya Rumput Laut Inovasi dari Menteri Trenggono di Wakatobi Sukses di Masa Panen Raya

Program modeling budidaya rumput laut yang berbasis di Wakatobi, Sulawesi Tenggara, yang merupakan inovasi Menteri Trenggono, sukses besar panen raya.

Editor: Content Writer
zoom-in Modeling Budidaya Rumput Laut Inovasi dari Menteri Trenggono di Wakatobi Sukses di Masa Panen Raya
Dok. KKP
Program modeling budidaya rumput laut berbasis kawasan di Wakatobi, Sulawesi Tenggara sudah masuk masa panen raya, setelah diresmikan akhir tahun lalu oleh Menteri Sakti Wahyu Trenggono. 

TRIBUNNEWS.COM – Program modeling budidaya rumput laut berbasis kawasan di Wakatobi, Sulawesi Tenggara sudah masuk masa panen raya, setelah diresmikan akhir tahun lalu oleh Menteri Sakti Wahyu Trenggono.

Kawasan budidaya rumput laut seluas 51,25 hektare tersebut sukses menghasilkan sekitar 250 ton.

“Ini kabar gembira yang kita tunggu-tunggu bersama, setelah modeling diresmikan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Bapak Sakti Wahyu Trenggono pada bulan November tahun lalu, akhirnya menuai hasil,” kata Direktur Jenderal Perikanan Budi Daya, Tb Haeru Rahayu.

Baca juga: KKP Gandeng Korea Selatan Perkuat Sistem Jaminan Mutu Produk Perikanan

Proses produksi hingga mencapai masa panen, lanjut Dirjen Tebe tidaklah mudah. Banyak kendala yang dihadapi, mulai dari tahapan produksi bibit rumput laut kultur jaringan yang memakan waktu sekitar 12 sampai 13 bulan, uji coba pelampung ramah lingkungan, hingga kendala seperti penyakit dan kondisi cuaca El Nino.

“Pak Menteri sudah melihat langsung tahapan produksi kultur jaringan mulai dari penyiapan media, hingga menghasilkan bibit rumput laut yang berkualitas dan siap ditanam di laut. Prosesnya memang cukup rumit namun hasilnya juga maksimal,” jelas Tebe.

Dirjen Tebe menambahkan, selain fasilitas produksi bibit rumput laut (UPBRL) kultur jaringan, modeling budidaya di Wakatobi sudah dilengkapi kebun starter rumput laut, hingga sejumlah perahu ketinting sebagai sarana transportasi pembudidaya saat beraktivitas. Untuk proses hilirnya, KKP juga telah membangun fasilitas untuk usaha pengolahan rumput laut tersebut. 

“Kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Bupati Wakatobi atas dukungannya terhadap kegiatan modeling budidaya ini. Pengelolaan Modeling oleh koperasi dan kelompok tentunya tidak mudah, sehingga kami berharap kepada Pemerintah Daerah (Pemda) untuk terus melakukan pengawalan, pembinaan, serta evaluasi hingga modeling terus bisa berkembang, tidak hanya 50 Ha yang saat ini dibangun, namun bisa bertambah luas lahannya,” ungkap Tebe.

BERITA REKOMENDASI

Dirjen Tebe berharap Pemda Wakatobi terus mendampingi Koperasi dan Kelompok Pembudidaya Rumput Laut dalam mengelola, memanfaatkan dan mengoperasionalkan sarana prasarana modeling budidaya dengan baik dan berkelanjutan. Terutama untuk penyediaan SDM yang bisa menangani produksi bibit rumput laut kultur jaringan di UPBRL.

Unit Pelaksana Teknis Direktorat Jenderal Perikanan Budi Daya, Balai Perikanan Budidaya Air Payau Takalar selalu siap dan terus melakukan pembinaan pada modeling budidaya rumput laut di Wakatobi.

Baca juga: KKP Gagalkan Penyelundupan Benih Bening Lobster Senilai Rp 12,15 Miliar

Terutama menyediakan teknologi bagaimana memproduksi planlet bibit rumput laut kultur jaringan yang berkualitas kepada SDM yang mumpuni dari Wakatobi. 

Sebelumnya Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono mengutarakan pembangunan modeling budidaya di Wakatobi sebagai upaya meningkatkan kualitas rumput laut nasional. Selain itu, implementasi program ekonomi biru itu untuk mendukung geliat hilirisasi rumput laut Indonesia.

Baca juga: KKP Ungkap Penyelundup Benih Bening Lobster Kerap Berpindah Lokasi, Begini Modusnya

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas