Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Sederet Kegiatan yang Meningkatkan IQ Anak

Meskipun kecerdasan diwariskan oleh orangtua, namun ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melatih dan meningkatkan kecerdasan si kecil.

Editor: Willem Jonata
zoom-in Sederet Kegiatan yang Meningkatkan IQ Anak
IST
Ilustrasi anak main gadget 

TRIBUNNEWS.COM - Memiliki anak dengan intelligence quotient (IQ) di atas rata-rata tentu menjadi dambaan setiap orangtua.

Meskipun kecerdasan diwariskan oleh orangtua, namun ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melatih dan meningkatkan kecerdasan si kecil.

Kegiatan ini tentu tak lepas dari campur tangan orangtua. Perlu kesabaran serta kreativitas dari orangtua masing-masing untuk mendongkrak kecerdasan si kecil sejak dini.




Di bawah ini merupakan aktivitas yang dapat meningkatkan IQ anak.

Olahraga

Aktivitas fisik saat berolahraga dapat meningkatkan aktivitas otak. Oleh sebab itu, dorong si kecil untuk melakukan kegiatan olahraga, seperti lari, bersepeda, berenang, maupun basket.

Musik

BERITA TERKAIT

Memainkan alat musik dapat meningkatkan IQ secara langsung dengan meningkatkan kemampuan penalaran matematika dan spasial.

Bermain alat musik dapat mengaktifkan jemari serta anggota tubuh kiri dan kanan, sehingga merangsang aktivitas pengembangan otak kiri dan kanan.

Ini tak ubahnya anak belajar berolahraga, akan tetapi fokus pada musik adalah mengaktifkan koordinasi motorik halus, sedangkan olahraga lebih terarah pada mengaktifkan fungsi kerja motorik kasar dan keseimbangan tubuh.

Meditasi

Menurut penelitian terbaru yang dilakukan di Harvard Medical school, meditasi selama 8 minggu dapat meningkatkan fungsi otak.

Oleh karena itu, luangkan waktu 10-15 menit setiap hari bersama anak-anak, pagi hari atau sebelum tidur, berlatih pernapasan perut dan lihat perbedaan dalam kinerja mereka.

Banyak mengajak bicara

Halaman
123
Sumber: Nakita
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas