Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Lebih Baik Pilih Hand Sanitizer Spray atau Gel?

Apabila tak ada sabun untuk cuci tangan, maka hand sanitizer bisa dijadikan sebagai solusi alternatif.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Willem Jonata
zoom-in Lebih Baik Pilih Hand Sanitizer Spray atau Gel?
Tribunnews/HO/Satgas Penanganan Covid-19/Aulia Rachman
Ilustrasi hand sanitizer 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hasiolan Eko P Gultom

TRIBUNNEWS.COM - Sudah berbuan-bulan berbagai negara di seluruh belahan dunia masih berjibaku melawan pandemi virus corona atau COVID-19.

Untuk menekan angka penyebaran dan penularan virus yang disebabkan oleh virus bernama SARS-CoV-2 ini pun, berbagai protokol kesehatan ditetapkan dan masyarakat diimbau untuk mematuhinya.

Beberapa protokol kesehatan tersebut di antaranya adalah menjaga jarak minimal satu meter, menggunakan masker ketika berpergian atau ketika sedang berada di luar rumah, dan juga selalu rajin mencuci tangan dengan sabun.

Baca juga: Efektif Bersihkan Tangan, Ini Tips Memilih Hand Sanitizer Secara Benar

Mencuci tangan dengan sabun memang menjadi hal yang penting karena mengingat bahwa tangan merupakan bagian tubuh manusia yang paling sering berinteraksi dengan berbagai macam benda.

Namun, ada saatnya ketika kita sedang berada di luar rumah, kita kesulitan untuk mengakses tempat cuci tangan. Apabila kita sedang berada dalam kondisi demikian, maka hand sanitizer bisa dijadikan sebagai solusi alternatif.

Suasana di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, terkait kesiapan protokol kesehatan menyambut libur panjang, Senin (26/10/2020). Adanya libur panjang yang merupakan gabungan libur Maulid Nabi Muhammad SAW, libur akhir pekan, dan cuti bersama pada 28 Oktober-1 November 2020 ini, menyebabkan terjadinya lonjakan jumlah calon penumpang kereta api jarak jauh di Stasiun Pasar Senen. Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi peningkatan penyebaran Covid-19, PT KAI pun menyiapkan protokol kesehatan sebaik mungkin. Selain kewajiban mengenakan masker, PT KAI juga mengadakan layanan rapid test di stasiun, menyediakan sejumlah tempat cuci tangan, hand sanitizer, pengukur suhu tubuh, dan juga berbagai petunjuk untuk menjaga jarak fisik. Tribunnews/HO/Satgas Penanganan Covid-19/Aulia Rachman
Suasana di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, terkait kesiapan protokol kesehatan menyambut libur panjang, Senin (26/10/2020). Adanya libur panjang yang merupakan gabungan libur Maulid Nabi Muhammad SAW, libur akhir pekan, dan cuti bersama pada 28 Oktober-1 November 2020 ini, menyebabkan terjadinya lonjakan jumlah calon penumpang kereta api jarak jauh di Stasiun Pasar Senen. Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi peningkatan penyebaran Covid-19, PT KAI pun menyiapkan protokol kesehatan sebaik mungkin. Selain kewajiban mengenakan masker, PT KAI juga mengadakan layanan rapid test di stasiun, menyediakan sejumlah tempat cuci tangan, hand sanitizer, pengukur suhu tubuh, dan juga berbagai petunjuk untuk menjaga jarak fisik. Tribunnews/HO/Satgas Penanganan Covid-19/Aulia Rachman (Tribunnews/HO/Satgas Penanganan Covid-19/Aulia Rachman)

Hand sanitizer ini adalah cairan antiseptik yang memiliki kandungan alkohol dengan konsentrasi tinggi yang bisa membuat tangan tetap steril.

BERITA TERKAIT

Hal ini disebabkan karena kandungan alkohol yang ada di dalamnya dapat menghancurkan sel-sel kuman, virus, dan agen penyakit lainnya sehingga sulit untuk berkembang biak.

Maka dari itu, hand sanitizer pun menjadi barang yang paling dicari oleh masyarakat dan sudah dijadikan sebagai kebutuhan tambahan. Hand sanitizer juga menjadi barang yang wajib untuk dibawa ketika sedang berada di luar rumah agar dapat mensterilkan tangan dengan cepat dan juga praktis.

Mengacu pada jenisnya, hand sanitizer ini terdapat dua jenis, yaitu berbentuk spray dan juga berbentuk gel. Lantas, manakah yang patut untuk dipilih dan dianggap paling ampuh untuk membunuh kuman dan virus?

Tentu saja, keduanya punya kelebihannya masing-masing. Hand sanitizer spray cenderung lebih cair dan untuk menggunakannya, kita tinggal menyemprotkan ke tangan.

Hand sanitizer spray ini dapat bekerja lebih cepat, yakni kurang dari 15 detik.

Sementara itu, hand sanitizer yang berbentuk gel bekerja sedikit agak lama, yaitu sekitar 30 detik untuk membunuh kuman.

Hand sanitizer jenis gel inilah yang dianggap paling baik untuk digunakan karena lebih lama untuk meneyerap di tangan. Dengan begitu, hand sanitizer berbentuk gel ini dapat menjaga tangan tetap steril dalam waktu yang lama.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas