Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Keistimewaan Malam Nisfu Syaban, Disertai Bacaan Doa Malam Nisfu Syaban

Malam nisfu syaban adalah malam yang penuh keistimewaan, simak penjelasan waktu lengkap dengan bacaan doanya berikut ini.

Penulis: Oktaviani Wahyu Widayanti
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Keistimewaan Malam Nisfu Syaban, Disertai Bacaan Doa Malam Nisfu Syaban
freepik.com
Malam Nisfu Syaban - Malam nisfu syaban adalah malam yang penuh keistimewaan, simak penjelasan waktu lengkap dengan bacaan doanya berikut ini. 

TRIBUNNEWS.COM - Bulan Syaban merupakan bulan kedelapan pada kalender Hijriyah, yang muncul sesudah bulan Rajab dan sebelum bulan Ramadhan.

Mengutip dari tayangan Oase Tribunnews, Dosen Fakultas Syariah IAIN Surakarta, Sulhani Hermawan, M.Ag, menjelaskan bahwa bulan Syaban dimaknai sebagai bulan yang istimewa.

Bulan Syaban adalah menjadi waktu terbaik bagi umat muslim untuk segera mempersiapkan diri secara lahir dan batin sebelum memasuki bulan Ramadhan.




Kata Syaban sendiri berasal dari bahasa Arab yang dapat diartikan sebagai bulan yang di dalamnya melahirkan berbagai macam kebaikan.

Baca juga: Tata Cara dan Bacaan Niat Sholat Nisfu Syaban, Dilengkapi Doa yang Dianjurkan

Baca juga: BACAAN Doa Malam Nisfu Syaban, Dilengkapi Niat dan Tata Cara Salat Sunnah Nisfu Syaban

Keistimewaan Malam Nisfu Syaban

Malam Nisfu Syaban, yaitu malam pertengahan di bulan Syaban, yang dimaknai sebagai waktu yang istimewa bagi umat muslim.

Sulhani Hermawan, M.Ag, Dosen IAIN Surakarta, menyatakan bahwa malam Nisfu Syaban juga dimaknai sebagai malam yang istimewa yang jatuh pada pertengahan bulan Syaban.

BERITA TERKAIT

Malam Nisfu Syaban, juga diyakini sebagai waktu dimana dosa dihapuskan oleh Allah SWT, doa-doa diijabah, dan permohonan ampunan dapat diampuni oleh Allah SWT.

Dikutip dari Tribunkaltim.co, malam ke-15 di bulan Syaban atau nisfu syaban jatuh pada tanggal 18 Maret 2022 atau selepas waktu Maghrib pada 17 Maret 2022.

Maka disarankan bagi seluruh umat muslim untuk melaksanakan amalan-amalan sebagai berikut:

- Berdoa 

- Memohon ampunan Allah SWT

- Menjaga ibadah shalat lima waktu

- Memperbanyak membaca Al Quran

Selain amalan diatas, beberapa ulama juga menganjurkan kepada umat muslim untuk membaca surat Yasin sebanyak tiga kali, setelah mengerjakan shalat Maghrib di malam Nisfu Syaban.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas