Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Susu Kental Manis dalam Kreasi Menu Roti Gulung, Wajib Coba!

Susu kental manis bisa menggenapi kenikmatan roti tawar, lho! Nah, agar lebih kreatif, bikin menu roti gulung yang lezat dan anti-mainstream yuk!

Penulis: Matheus Elmerio Manalu
Editor: Bardjan
zoom-in Susu Kental Manis dalam Kreasi Menu Roti Gulung, Wajib Coba!
Istimewa
Ilustrasi resep sarapan roti gulung dengan kreasi resep Susu Kental Manis. 

TRIBUNNEWS.COM - Susu kental manis menjadi bahan pelengkap makanan yang tidak terpisahkan dari menu sarapan masyarakat Indonesia. Begitu pun dengan roti tawar. Tak jarang, perpaduan roti tawar dan susu kental manis pun kerap disantap jadi menu sarapan.

Namun, kamu juga bisa kreasikan roti tawar dengan susu kental manis agar lebih nikmat. Misalnya dengan mencoba kreasi resep sarapan roti gulung susu kental manis.

Susu kental manis menjadi bahan makanan serbaguna yang sudah dikenal masyarakat Indonesia dari generasi ke generasi. Ini karena susu kental manis termasuk bahan pelengkap dengan rasa yang lezat dan bisa menambah kenikmatan setiap makanan, terutama rasa gurih. Apalagi, jika susu kental manis yang dipilih berlabel full cream, karena mengandung susu segar pastinya hidangan pun akan terasa lebih creamy.

Untuk sarapan dengan susu kental manis juga sangat mudah dibuat dan dikreasikan, karena produk susu yang satu ini juga harganya terjangkau. Kamu juga tidak perlu repot-repot karena bisa mendapatkan produk susu kental manis di sekitar tempat tinggalmu.

Tak hanya itu, susu kental manis pun mudah disimpan karena terdapat beberapa jenis kemasan yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan, di antaranya kemasan kaleng, pouch, dan sachet.

Bahan dasar roti tawar dan bahan pelengkap susu kental manis juga sangat mudah didapat. Bagi kamu pencinta hidangan roti sebagai sarapan, ada banyak sekali kreasi sarapan untuk diciptakan sendiri di rumah.

Namun sebelum membahas kreasi sarapan roti, ada baiknya kita mengenal sejarah susu kental manis agar mengetahui kandungan dan manfaatnya secara lengkap.

BERITA REKOMENDASI

Sejarah Susu Kental Manis

Susu kental manis sudah dijual dan diperkenalkan secara mendunia sejak 100 tahun lalu, tepatnya sejak tahun 1851 oleh pria asal Amerika Serikat, Gail Borden.

Borden berhasil mengembangkan alat yang berbentuk ketel tembaga yang disebut sebagai panci hampa udara yang mampu mengentalkan susu.

Tiga tahun berselang pada tahun 1853, Borden mematenkan proses penguapan susu dengan tekanan rendah yang menghasilkan susu kental manis.

Tidak lama usai mematenkan produknya itu, Borden bertemu dengan saudagar kaya raya bernama Jeremiah Milbank yang setuju menjadi investor dan membiayai produksi susu kentalnya secara masif. Jumlah investasi Milbank disebut-sebut mencapai 100 ribu US Dollar.

Pada tahun 1864, berdirilah pabrik susu kental manis pertama di dunia yang berlokasi di wilayah Kota New York, Amerika Serikat,  tepatnya di Croton River. Penjualan susu kental manis ini pun mulai meningkat dan membuat pabriknya juga mulai bermunculan untuk memenuhi minat konsumen.

Di Indonesia sendiri, susu kental manis juga punya sejarah panjang bahkan jauh sebelum kemerdekaan di tahun 1945. Menurut catatan Kementerian Perindustrian, distribusi susu kental manis sudah dimulai pada tahun 1873 tapi untuk konsumsinya sangat terbatas, hanya untuk para tentara Belanda di Indonesia.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas