Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Contoh Teks Khutbah Jumat, 5 Juli 2024: Menjaga Nilai Kemabruran Haji dalam Kehidupan Keluarga

Berikut inilah contoh teks khutbah Jumat yang berjudul Menjaga Nilai Kemabruran Haji dalam Kehidupan Keluarga.

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Bobby Wiratama
zoom-in Contoh Teks Khutbah Jumat, 5 Juli 2024: Menjaga Nilai Kemabruran Haji dalam Kehidupan Keluarga
Kolase Tribunnews.com/Canva
Berikut inilah contoh teks khutbah Jumat yang berjudul Menjaga Nilai Kemabruran Haji dalam Kehidupan Keluarga. 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut inilah contoh teks khutbah Jumat yang berjudul "Menjaga Nilai Kemabruran Haji dalam Kehidupan Keluarga".

Dikutip dari laman kemenag.go.id, contoh teks khutbah Jumat ini ditulis oleh Mochamad Munawar Said.

Adapun contoh teks khutbah Jumat ini dapat dibacakan ketika khutbah salat Jumat pada 5 Juli 2024.

Dalam contoh teks khutbah Jumat ini memuat materi terkait ajaran bagaimana menjaga nilai kemabruran haji dalam kehidupan keluarga.

Selengkapnya, simak contoh teks khutbah Jumat yang dikutip dari laman kemenag.go.id berikut ini:

Baca juga: Teks Khutbah Jumat 5 Juli 2024: Muhasabah di Akhir Tahun Hijriah dan Menyambut 1 Muharram 1446 H

Teks Khutbah: Menjaga Nilai Kemabruran Haji dalam Kehidupan Keluarga

KHUTBAH PERTAMA

الْحَمْدُ لِلَّهِ الْحَمْدُ لِلَّهِ مَالِكِ الْعَالَمِينَ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ سَيِّدِ الْمُرْسَلِينَ، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَتَابِعِيْهِ الصَّالِحِيْنَ وَأَشْهِدُ أَنْ لَّا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لا شَريكَ لَهُ الْمُنَزِّهُ عَنِ الْجِسْمِيَّةِ وَالْجِهَةِ وَجَمِيعِ النَّاقِصِينَ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الَّذِي كَانَ خُلُقُهُ الْقُرْآنَ. أَمَّا بَعْدُ: عِبَادَ الرَّحْمَنِ فَإِنِّي أُوْصِيكُمْ وَنَفْسِي بتقوى الله المنانِ الْقَائِلِ فِي كِتَابِهِ الْقُرْآنِ فِيهِ ايْتُ بَيْنَتٌ مَّقَامُ إِبْرَاهِيمَ وَمَن دَخَلَهُ كَانَ آمِنًا ۚ وَلِلَّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلًا ۚ وَمَن كَفَرَ فَإِنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ عَنِ الْعَلَمِينَ

Ma'asyiral muslimin rahimakumullah,

Mari kita senantiasa meningkatkan ketakwaan kepada Allah Swt. dengan cara menjalankan semua yang diperintahkan dan meninggalkan semua yang dilarang, karena takwa adalah bekal terbaik yang dibawa oleh seorang hamba untuk mendapat kebahagiaan yang abadi dan kekal di surga.

BERITA TERKAIT

Ma’asyiral muslimin as’adakumullah,

Ibadah haji adalah bagian dari rukun Islam yang kelima, dan merupakan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap muslim yang mampu baik dari laki-laki maupun perempuan dan hanya dilakukan sekali dalam seumur hidup. Ibadah haji memiliki beberapa tujuan di antaranya adalah melatih diri dan jiwa untuk semakin taqarrub (dekat) dengan sang Khaliq, merasakan kesamaan derajat antar manusia di hadapan-Nya, dan saling menghargai sesama makhluk-Nya. Perintah haji terdapat dalam surah al-Baqarah ayat 97, Allah Swt. berfirman:

"Di dalamnya terdapat tanda-tanda yang jelas, (di antaranya) Maqam Ibrahim. Siapa yang memasukinya (Baitullah), maka amanlah dia. (Di antara) kewajiban manusia terhadap Allah adalah melaksanakan ibadah haji ke Baitullah, (yaitu bagi) orang yang mampu mengadakan perjalanan ke sana. Siapa yang mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha kaya (tidak memerlukan sesuatu pun) dari seluruh alam."

Imam Jalaludin al-Mahalli dalam tafsir Jalalain menjelaskan bahwa melaksanakan haji di Mekah dan Madinah merupakan ibadah wajib bagi setiap orang Islam terhadap Allah Swt. yang dilakukan dengan kesengajaan. Ibadah haji ini dikerjakan oleh semua orang Islam yang mampu melakukan perjalanan kepada-Nya yang dimaknai dengan adanya perbekalan dan kendaraan.

Sedangkan Quraish Syihab, dalam tafsir al-Misbah menjelaskan bahwa ibadah haji adalah kewajiban bagi setiap muslim atau muslimah yang mampu mengerjakannya. Sedangkan muslim atau muslimah yang tidak berangkat ibadah haji padahal mampu bahkan mengingkarinya, maka ia akan memperoleh kerugian dan penyesalan, karena hakikatnya Allah Swt. adalah Dzat yang Maha Kaya, tidak membutuhkan kepada semua makhluk.

Hadirin jamaah Jum’at rahimakumullah,

Orang yang menjalankan ibadah haji tentu menginginkan hajinya menjadi haji mabrur, karena Allah Swt. akan memberikan balasan baginya yaitu berupa surga, sebagaimana Rasulullah saw. bersabda:

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas