Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Tips Ala Melanie Putria untuk Pelari Pemula Saat Alami Sakit Pascaolahraga

Melanie Putria makin tergila-gila dengan olahraga lari jarak jauh atau marathon. Ia membagikan tips mengatasi sakit bagi pemula.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Willem Jonata
zoom-in Tips Ala Melanie Putria untuk Pelari Pemula Saat Alami Sakit Pascaolahraga
Tribunnews.com/ Rina Ayu
Melanie Putria dalam kegiatan Talk on Women in Sports, sebuah ajang kolaborasi Road to Plaza Indonesia Wellness Festival x Dash Sports Forum yang digelar di Jakarta Rabu (10/7/2024). 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM,JAKARTA - Artis sekaligus presenter Melanie Putria makin tergila-gila dengan olahraga lari jarak jauh atau marathon.

Hal itu disampaikan dalam kegiatan Talk on Women in Sports, sebuah ajang kolaborasi Road to Plaza Indonesia Wellness Festival x Dash Sports Forum yang digelar di Jakarta Rabu (10/7).

Melanie pun membagikan tips mengatasi rasa sakit pascaolahraga bagi pelari pula.

Ia mengatakan, rasa sakit itu ada dua yakni doms dan cedera.

Delayed onset muscle soreness (Doms) biasanya berlangsung hanya 48 jam saja, jika lebih dari 3-4 hari dititik tertentu maka kondisi tersebut masuk kategori cedera.

Jika sakit, segera atasi dengan pertolongan pertama RICE.

BERITA TERKAIT

RICE merupakan singkatan dari Rest, Ice, Compression, dan Elevation yakni serangkaian tindakan bagi orang yang mengalami keseleo agar potensi pembengkakan bisa dikurangi.

Baca juga: Dokter Bagikan Manfaat Olahraga pada Ibu Hamil: Mempermudah Persalinan

"Teman-teman jangan panik melakukan aktivitas fisik. Harus tau niat lari atau olahraganya buat apa, jangan sampai tidak punya goal, aim akan susah termotivasi," urai dia.

Bukan tanpa alasan mantan puteri Indonesia jatuh cinta dengan kegiatan lari.

Diawali dengan kondisi baby blues pascabersalin serta keinginan kembali tampil bugar membuat kedua pegiat olahraga ini berkenalan dan langsung jatuh cinta dengan lari. 

Pascabersalin anak semata wayang Sheemar, ia merasakan rasa ketidakpercayaan diri dengan bentuk tubuh hingga merasa karir di dunia keartisan harus berakhir.

"Lari pertama itu di Singapura Marathon 2011, itu nekat. Jadi rasa sakitnya luar biasa. Tapi begitu aku menginjak finish line, rasa keberdayaan aku itu muncul kembali. Jadi pemikiran bahwa Melanie Putria sudah end secara karir itu kembali lagi berdaya bahwa dunia kembali menerimaku dan baik-baik saja," kata Melanie.

Kenekatannya ikut marathon sejauh 42,5 km itulah yang membawanya diri yakin dengan kemampuan lari dari hari ke hari.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas