Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pengamat: Duet Ganjar-Erick Punya Daya Ungkit Elektoral, Berpeluang Dibawa ke Meja Perundingan KIB

Pengamat Politik Adi Prayitno mengatakan PAN yang memunculkan Ganjar-Erick sebagai capres dan cawapres merupakan langkah yang cerdas.  

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Pengamat: Duet Ganjar-Erick Punya Daya Ungkit Elektoral, Berpeluang Dibawa ke Meja Perundingan KIB
Ist via Tribun Muria
Menteri BUMN Erick Thohir saat bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Pengamat Politik Adi Prayitno mengatakan PAN yang memunculkan Ganjar-Erick sebagai capres dan cawapres merupakan langkah yang cerdas.  

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno mengatakan, sejak PAN bergabung dengan koalisi pemerintah, mayoritas pemilihnya menginginkan capres yang akan diusungnya ada di lingkaran Presiden Jokowi.

Ganjar Pranowo merupakan satu di antara nama capres yang diinginkan dan dikehendaki oleh pemilih PAN untuk maju di pilpres 2024, mendatang. 

Selain menginginkan Ganjar untuk maju di pilpres 2024, menurut Adi saat ini pemilih PAN juga menghendaki agar Erick Thohir dapat disandingkan dengan tokoh politik yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah itu.




Terlebih lagi, sosok Erick merupakan salah satu tokoh nasional yang memiliki hubungan yang sangat dekat dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

“Bahkan dalam sambutannya Zulkifli Hasan menyebut  Erick itu adalah saudaraku. Pernyataan tersebut dianggap sebagian besar pemilih PAN sudah menjadi bagian dari PAN. Saya yakin nama Ganjar dan Erick nantinya akan dibawa dalam meja perundingan di KIB. Sebab hingga saat ini KIB belum memiliki nama capres yang akan diusung di pilpres 2024,” kata Adi, Selasa (28/2/2023).

Lebih lanjut, sejatinya nama Ganjar dan Erick sudah mulai muncul sejak Rakernas PAN tahun 2022 yang lalu. 

Pasangan Ganjar dan Erick diakui Ketua DPP PAN Bima Arya Sugiarto semakin populer dan mengerucut di internal PAN

BERITA TERKAIT

Selain itu trend survei politik yang saat ini ada masih menempatkan Ganjar sebagai capres yang sangat populer.

Selain itu di survei politik yang saat ini ada, nama Erick Thohir menjadi salah satu cawapres yang sangat populer.

Adi juga mengakui saat ini Erick tengah gencar melakukan safari politik ke berbagai tokoh dan lokasi. 

Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum PSSI Erick Thohir bersama Sekjen PENA 98 Adian Napitupulu di Graha PENA 98, Jalan HOS Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (19/2/2023).
Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum PSSI Erick Thohir bersama Sekjen PENA 98 Adian Napitupulu di Graha PENA 98, Jalan HOS Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (19/2/2023). (Tribunnews.com/Naufal Lanten)

Kondisi saat ini, Adi melihat Erick sangat nyaman dengan PAN. Selain melihat kesamaan visi misi, kecocokan kepedulian terhadap UMKM dan bagaimana melakukan recovery ekonomi pasca pandemi Covid-19, menurut Adi publik juga melihat potensi logistik yang dimiliki Erick di pilpres 2024.

“Variabel logistik menjadi pertimbangan banyak partai. Tak terkecuali PAN. Namun ini tak muncul dipermukaan. Diberbagai hasil Lembaga survei politik terkemuka, nama Erick kerap muncul dan dipasangkan dengan Ganjar. Bukan dengan yang lainnya. Selama PAN mengusung capres cawapres dari lingkaran Jokowi, tentu tak akan ada masalah," ujar Adi.

"Tinggal sekarang bagaimana PAN mengkomunikasikan capres cawapres tersebut ke KIB. Dalam memutuskan capres cawapres dari KIB, pasti dikonsultasikan dengan Presiden Jokowi. Komunikasi antar KIB maupun dengan Presiden Jokowi adalah hal yang lumrah,” sambungnya.

Adi menambahkan, PAN yang memunculkan Ganjar-Erick sebagai capres dan cawapres merupakan langkah yang cerdas.  

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas