Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PDIP Total Daftarkan 20.462 Bakal Caleg Seluruh Indonesia, Diseleksi Ketat Sesuai Aturan Partai

DPP PDI Perjuangan (PDIP) memastikan pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) dilaksankan secara serentak di seluruh Indonesia.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Adi Suhendi
zoom-in PDIP Total Daftarkan 20.462 Bakal Caleg Seluruh Indonesia, Diseleksi Ketat Sesuai Aturan Partai
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto saat pawai budaya menuju Gedung KPU untuk mengajukan bakal calon anggota DPR di Jakarta, Kamis (11/5/2023). PDI Perjuangan mendaftarkan 580 bakal calon legislatif (Bacaleg) anggota DPR ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - DPP PDI Perjuangan (PDIP) memastikan pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) dilaksankan secara serentak di seluruh Indonesia.

Total lebih dari 20 ribuan bakal caleg didaftarkan untuk seluruh tingkatan, yang terpilih dari 32 ribu lebih pendaftar.




“Pendaftaran bakal caleg memang dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia. Untuk bakal caleg tingkat DPR dilakukan di KPU Pusat. Untuk bakal caleg tingkat provinsi dan kabupaten/kota, dilakukan oleh pengurus partai di daerah di waktu yang bersamaan,” kata Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto usai penyerahan daftar bakal caleg PDIP, Kamis (11/5/2023).

Kepala Sekretariat PDIP Yoseph Aryo Adhie Dharmo menambahkan, proses pengisian daftar bakal caleg PDIP dilaksanakan sesuai perintah Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

“Perintah ibu ketua umum, semua usulan bakal caleg di tiap dapil harus terisi 100 persen, dan harus didaftarkan serentak. Karena ini bagian dari proses berjalannya pendidikan partai politik,” kata Adhie, sapaan akrabnya.

Baca juga: Hasto: Penyusunan Bacaleg PDIP Senapas Dengan Upaya Pemenangan Ganjar Pranowo Sebagai Capres

Para pengurus daerah juga memastikan keserentakan pendaftaran, yang dibuktikan dengan proses dokumentasi yang disampaikan ke pusat.

BERITA TERKAIT

Adhie lalu menunjukkan dokumentasi video berisi proses pendaftaran yang dilakukan DPD PDIP Kalsel, Babel, hingga Provinsi Bali.

Untuk jumlah bacaleg yang didaftarkan oleh PDIP, totalnya adalah 20.462 orang. Rinciannya adalah 580 bacaleg tingkat DPR RI, 2.372 bacaleg DPRD tingkat provinsi, dan 17.510 bacaleg DPRD tingkat kabupaten/kota.

Mereka ini adalah orang-orang terpilih dari 32.620 pendaftar bacaleg PDIP.

Baca juga: Dedi Mulyadi Dikabarkan Keluar dari Golkar, Pengamat Sebut Dedi Cocok ke PDIP atau Gerindra

“Ada berbagai proses penyaringan yang dilakukan sesuai dengan mekanisme partai. Termasuk psikotes yang bekerja sama dengan para pakar di Himpunan Psikologi Indonesia. Ini sesuai dengan perintah Ibu Ketua Umum dan mekanisme partai, demi memastikan caleg PDI Perjuangan yang berkualitas serta memperjuangkan Wong Cilik,” kata Adhie.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas