Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Peduli pada Wong Cilik, Relawan Ganjar Berkarya Gelar Bakti Sosial Jumat Berkah di Kemayoran

Relawan Ganjar Berkarya (RGBe) melakukan aksi nyata tebar kebaikan dengan menggelar bakti sosial berupa pembagian nasi kotak dan paket sembako.

Editor: Sapto Nugroho

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kebaikan tidak cukup hanya diwartakan, tetapi harus dinyatakan dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut dikatakan oleh Koordinator Aksi Sosial Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Relawan Ganjar Berkarya (RGBe), Agustin Heryuningsih di sela-sela kegiatan Bakti Sosial Jumat Berkah di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (21/7/2023) pagi.

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Relawan Ganjar Berkarya (RGBe) menggelar acara Bakti Sosial Jumat Berkah di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (21/7/2023) pagi.
Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Relawan Ganjar Berkarya (RGBe) menggelar acara Bakti Sosial Jumat Berkah di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (21/7/2023) pagi. (TRIBUNNEWS/HO/DPP RGBe)

Bakti Sosial Jumat Berkah diwujudkan melalui pembagian nasi kotak dan paket sembako kepada para petugas Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran (PPK Kemayoran) dan warga yang berada di sekitar kawasan Kemayoran.

Sejumlah petugas Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran (PPK Kemayoran) berkumpul untuk menerima bingkisan saat acara Bakti Sosial Jumat Berkah yang digelar oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Relawan Ganjar Berkarya (RGBe) di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (21/7/2023) pagi.
Sejumlah petugas Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran (PPK Kemayoran) berkumpul untuk menerima bingkisan saat acara Bakti Sosial Jumat Berkah yang digelar oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Relawan Ganjar Berkarya (RGBe) di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (21/7/2023) pagi. (TRIBUNNEWS/HO/DPP RGBe)

“Jumat Berkah kali ini kami membagikan nasi kotak dan paket sembako untuk 100 orang. Minggu depan kami akan melakukan hal yang sama tetapi di tempat lain dengan jumlah yang lebih banyak lagi," terang wanita berambut pendek yang juga menjabat sebagai Wakil Bendahara Umum DPP RGBe itu.

Koordinator Aksi Sosial yang juga Wakil Bendahara Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Relawan Ganjar Berkarya (RGBe), Agustin Heryuningsih (keempat kiri) memberikan sambutan saat acara Bakti Sosial Jumat Berkah yang digelar oleh DPP RGBe di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (21/7/2023) pagi.
Koordinator Aksi Sosial yang juga Wakil Bendahara Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Relawan Ganjar Berkarya (RGBe), Agustin Heryuningsih (keempat kiri) memberikan sambutan saat acara Bakti Sosial Jumat Berkah yang digelar oleh DPP RGBe di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (21/7/2023) pagi. (TRIBUNNEWS/HO/DPP RGBe)




Yuyun, sapaan akrab Agustin Heryuningsih, menambahkan bahwa aksi sosial melalui pembagian nasi kotak dan paket sembako adalah bagian dari kepedulian kepada warga masyarakat yang kurang mampu. Selain itu akan ada pula aksi sosial lainnya berupa pemeriksaan kesehatan gratis yang akan dilaksanakan pada bulan Agustus mendatang.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Relawan Ganjar Berkarya (RGBe), Binsar Halomoan Sinaga (kiri) menyerahkan bingkisan kepada seorang petugas Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran (PPK Kemayoran) saat acara Bakti Sosial Jumat Berkah yang digelar oleh DPP RGBe di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (21/7/2023) pagi.
Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Relawan Ganjar Berkarya (RGBe), Binsar Halomoan Sinaga (kiri) menyerahkan bingkisan kepada seorang petugas Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran (PPK Kemayoran) saat acara Bakti Sosial Jumat Berkah yang digelar oleh DPP RGBe di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (21/7/2023) pagi. (TRIBUNNEWS/HO/DPP RGBe)

Sementara itu, salah satu Penasihat DPP RGBe, Ana Fahru yang juga hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, “Jumat Berkah akan selalu mengingatkan kita bahwa dengan berbagi sedekah di hari Jumat, kita akan mendapat pahala yang berlipat dibanding hari-hari lain. Kegiatan ini juga merupakan ungkapan rasa syukur karena sudah diberi rezeki oleh Allah SWT."

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Relawan Ganjar Berkarya (RGBe), Binsar Halomoan Sinaga (kiri) dan Penasihat DPP RGBe, Ana Fahru (kedua kiri) menyerahkan bingkisan kepada seorang petugas Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran (PPK Kemayoran) saat acara Bakti Sosial Jumat Berkah yang digelar oleh DPP RGBe di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (21/7/2023) pagi.
Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Relawan Ganjar Berkarya (RGBe), Binsar Halomoan Sinaga (kiri) dan Penasihat DPP RGBe, Ana Fahru (kedua kiri) menyerahkan bingkisan kepada seorang petugas Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran (PPK Kemayoran) saat acara Bakti Sosial Jumat Berkah yang digelar oleh DPP RGBe di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (21/7/2023) pagi. (TRIBUNNEWS/HO/DPP RGBe)

"Kami menyadari kalau yang kami berikan ini tidak sebanding dengan nikmat yang telah kami terima. Semoga kegiatan ini menginspirasi masyarakat sekitar,” ujar Ana.

Sejumlah petugas Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran (PPK Kemayoran) mengantre untuk menerima bingkisan saat acara Bakti Sosial Jumat Berkah yang digelar oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Relawan Ganjar Berkarya (RGBe) di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (21/7/2023) pagi.
Sejumlah petugas Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran (PPK Kemayoran) mengantre untuk menerima bingkisan saat acara Bakti Sosial Jumat Berkah yang digelar oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Relawan Ganjar Berkarya (RGBe) di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (21/7/2023) pagi. (TRIBUNNEWS/HO/DPP RGBe)

Di tempat yang sama, Dewi Larasati, Bendahara Umum DPP RGBe menjelaskan bahwa RGBe bukan kelompok relawan politik narsis atau fans club yang hanya sekadar foto dengan capres yang didukungnya lalu disebarkan di media sosial, tetapi adalah kelompok relawan politik yang memang bekerja keras untuk memenangkan capres yang didukungnya. Salah satunya adalah melalui aksi-aksi sosial untuk membuktikan bahwa capres yang diusungnya benar-benar peduli dengan rakyat kecil.

Sejumlah petugas Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran (PPK Kemayoran) menerima bingkisan saat acara Bakti Sosial Jumat Berkah yang digelar oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Relawan Ganjar Berkarya (RGBe) di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (21/7/2023) pagi.
Sejumlah petugas Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran (PPK Kemayoran) menerima bingkisan saat acara Bakti Sosial Jumat Berkah yang digelar oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Relawan Ganjar Berkarya (RGBe) di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (21/7/2023) pagi. (TRIBUNNEWS/HO/DPP RGBe)
BERITA TERKAIT

“Mas Ganjar (Pranowo) itu punya kepedulian pada wong cilik. Saya tahu betul karena dia itu teman saya sejak SMA di Jogja dulu,” tambah Bagus Marsetiadi, Wakil Sekretaris Umum DPP RGBe yang juga mantan Ketua OSIS SMA BOPKRI 1 Yogyakarta tahun 1986, SMA di mana Ganjar Pranowo dahulu bersekolah.

Bakti Sosial Jumat Berkah yang dimulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 11.30 WIB tersebut berjalan dengan lancar.

Sejumlah petugas Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran (PPK Kemayoran) berkumpul usai menerima bingkisan saat acara Bakti Sosial Jumat Berkah yang digelar oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Relawan Ganjar Berkarya (RGBe) di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (21/7/2023) pagi.
Sejumlah petugas Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran (PPK Kemayoran) berkumpul usai menerima bingkisan saat acara Bakti Sosial Jumat Berkah yang digelar oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Relawan Ganjar Berkarya (RGBe) di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (21/7/2023) pagi. (TRIBUNNEWS/HO/DPP RGBe)

Menurut rencana, selanjutnya RGBe akan mengadakan acara sepeda sehat dan donor darah. Saat ini sedang dilakukan persiapan, di antaranya adalah mengundang Bacapres Ganjar Pranowo dan beberapa tokoh nasional dalam acara tersebut.

Sejumlah petugas Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran (PPK Kemayoran) melakukan salam metal usai menerima bingkisan saat acara Bakti Sosial Jumat Berkah yang digelar oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Relawan Ganjar Berkarya (RGBe) di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (21/7/2023) pagi.
Sejumlah petugas Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran (PPK Kemayoran) melakukan salam metal usai menerima bingkisan saat acara Bakti Sosial Jumat Berkah yang digelar oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Relawan Ganjar Berkarya (RGBe) di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (21/7/2023) pagi. (TRIBUNNEWS/HO/DPP RGBe)

Setelah acara sepeda sehat, kemudian akan dilakukan konsolidasi nasional yang akan diikuti oleh seluruh jajaran pengurus RGBe dari pusat sampai dengan daerah.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Relawan Ganjar Berkarya (RGBe), Binsar Halomoan Sinaga (depan, tengah), Bendahara Umum RGBe, Dewi Larasati (depan, ketiga kanan), Koordinator Aksi Sosial yang juga Wakil Bendahara Umum RGBe, Agustin Heryuningsih (depan, kiri), dan jajaran pengurus DPP RGBe lainnya berfoto bersama dengan para petugas Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran (PPK Kemayoran) saat acara Bakti Sosial Jumat Berkah yang digelar oleh DPP RGBe di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (21/7/2023) pagi.
Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Relawan Ganjar Berkarya (RGBe), Binsar Halomoan Sinaga (depan, tengah), Bendahara Umum RGBe, Dewi Larasati (depan, ketiga kanan), Koordinator Aksi Sosial yang juga Wakil Bendahara Umum RGBe, Agustin Heryuningsih (depan, kiri), dan jajaran pengurus DPP RGBe lainnya berfoto bersama dengan para petugas Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran (PPK Kemayoran) saat acara Bakti Sosial Jumat Berkah yang digelar oleh DPP RGBe di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (21/7/2023) pagi. (TRIBUNNEWS/HO/DPP RGBe)

Relawan Ganjar Berkarya (RGBe) sendiri adalah sebuah organisasi relawan yang didirikan oleh para alumni SMA BOPKRI 1 Yogyakarta atau yang lebih dikenal dengan sebutan SMA Bosa untuk mendukung Ganjar Pranowo yang saat ini menjabat Gubernur Jawa Tengah agar bisa terpilih menjadi Presiden RI pada Pilpres 2024 mendatang.

Jajaran Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Relawan Ganjar Berkarya (RGBe) berfoto bersama di kawasan Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (25/6/2023) pagi.
Jajaran Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Relawan Ganjar Berkarya (RGBe) berfoto bersama di kawasan Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (25/6/2023) pagi. (TRIBUNNEWS/HO/DPP RGBe)

Meskipun diprakarsai dan diinisiasi oleh teman-teman satu sekolahan dan khususnya yang seangkatan dengan Ganjar Pranowo dahulu, namun kepengurusan dan keanggotaan RGBe bersifat terbuka untuk umum.

Jajaran Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Relawan Ganjar Berkarya (RGBe) berfoto bersama Bakal Calon Presiden (Bacapres), Ganjar Pranowo (depan, tengah) di kawasan Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (25/6/2023) pagi.
Jajaran Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Relawan Ganjar Berkarya (RGBe) berfoto bersama Bakal Calon Presiden (Bacapres), Ganjar Pranowo (depan, tengah) di kawasan Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (25/6/2023) pagi. (TRIBUNNEWS/HO/DPP RGBe)

Menurut Ketua Umum DPP RGBe, Binsar Halomoan Sinaga atau yang akrab dipanggil Binsar Bayou dalam jumpa pers saat acara peresmian Sekretariat RGBe di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, pada Minggu (25/6/2023) lalu, saat ini RGBe telah membentuk pengurus daerah di 20 provinsi di Indonesia dan sekaligus membentuk pos pemenangan di daerah tersebut.

Jajaran Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Relawan Ganjar Berkarya (RGBe) berfoto bersama di Kantor Sekretariat DPP RGBe, di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (25/6/2023) siang.
Jajaran Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Relawan Ganjar Berkarya (RGBe) berfoto bersama di Kantor Sekretariat DPP RGBe, di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (25/6/2023) siang. (TRIBUNNEWS/HO/DPP RGBe)

Dengan terbentuknya pengurus di daerah diharapkan Relawan Ganjar Berkarya dapat bekerja lebih efektif dan efisien.

Selain itu, Relawan Ganjar Berkarya juga membangun jaringan dengan kelompok relawan pendukung Ganjar lainnya, termasuk dengan partai-partai politik yang telah menyatakan dukungannya pada bakal calon presiden dari PDI Perjuangan (PDIP) ini. (*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas