Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Head to Head Dua Nama Capres Survei LSN: Unggul 52,8 Persen vs Ganjar 38,2 Persen

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mendominasi kompetitornya dalam survei yang dilakukan LSN.

Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Head to Head Dua Nama Capres Survei LSN: Unggul 52,8 Persen vs Ganjar 38,2 Persen
Twitter/ganjarpranowo
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bertemu Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Solo, Senin (24/7/2023) lalu. Simulasi Head to Head antara dua nama Capres Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam Hasil Survei LSN menyatakan bahwa Prabowo masih menduduki posisi dominan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Simulasi Head to Head antara dua nama Capres Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam Hasil Survei LSN menyatakan bahwa Prabowo masih menduduki posisi dominan dan semakin menguat sebesar 52,8 persen daripada Ganjar.

Data tersebut ditunjukkan dalam rilis survei yang dipaparkan oleh Direktur Eksekutif LSN Gema Nusantara Bakry dalam “Dinamika Peta Dukungan Terhadap Tiga Capres Papan Atas dan Arah Dukungan Basis Massa Jokowi Jelang Pemilu 2024”, Rabu (26/7) melalui virtual zoom.

“Hasil survei LSN Menunjukkan bahwa apabila Pilpres hanya diikuti dua capres saja, yakni Prabowo Subianto versus Ganjar Pranowo, dominasi Prabowo semakin menguat.” kata Gema.

Hasil survei tersebut berdasarkan pada pertanyaan yang diajukan terhadap 1420 responden “Seandainya saat ini dilaksanakan pemilihan presiden (Pilpres) dan hanya diikuti oleh Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.” terang Gema.

“Sebanyak 52,8% responden menjatuhkan pilihannya pada Prabowo sementara hanya 38,2% responden yang menyatakan memilih Ganjar.” papar Gema.

Adapun, selisih Elektabilitas yang sangat signifikan antara Prabowo dan Ganjar dapat dimaklumi lantaran suara pendukung Anies Baswedan cenderung berpaling dan mengarah pada Prabowo daripada Ganjar.

Mayoritas Gen-Z Pilih Prabowo

Dalam kesempatan tersebut, disampaikan berdasarkan hasil survei Lembaga Survei Nasional menunjukkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto unggul di mata Generasi Z atau Gen-Z, ketimbang Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

BERITA TERKAIT

Dalam laporan survei nasional periode Juli 2023, Direktur Eksekutif Lembaga Survei Nasional Gema Nusantara Bakry, menyebut dalam kelompok umur 17-20 tahun dan 21-24 tahun, responden Gen-Z cenderung menjatuhkan pilihannya pada Prabowo.

Jika pemilihan presiden (pilpres) dilaksanakan saat ini, sebanyak 39,8 persen responden kelompok umur 17-24 tahun mengaku akan memilih Prabowo. Sementara 31,5 persen dari mereka menyatakan dukungannya pada Ganjar, dan hanya 23,4 persen memilih Anies.

"Anak muda Indonesia ternyata termasuk dalam kategori pemilih rasional (rational voters) yang tidak mudah terjebak oleh politik pencitraan," tutur Gema lewat virtual zoom, Rabu (26/7).

Gema juga mengungkapkan, Prabowo dipandang oleh Gen-Z sebagai sosok pemimpin yang apa adanya, tulus, dan total fokus pada kepentingan nasional.

"Mayoritas dari Gen-Z juga mengapresiasi kinerja Prabowo sebagai Menhan," jelas Gema.

Lembaga Survei Nasional merilis hasil survei "Dinamika Peta Dukungan Terhadap Tiga Capres Papan Atas dan Arah Dukungan Basis Massa Jokowi Jelang Pemilu 2024".

Hasil survei tersebut berdasarkan pada pertanyaan yang diajukan terhadap 1420 responden yang diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak berjenjang (multistage random).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas