Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kornas Ganjarist Bicara Makna Kemerdekaan di Tahun Politik: Bebas Berpendapat, Santun, dan Beradab

Plt Ketua Umum Kornas Ganjarist, Kris Tjantra bicara soal bagaimana memaknai HUT ke-78 Republik Indonesia dalam situasi jelang Pilpres 2024.

Penulis: Reza Deni
Editor: Endra Kurniawan
zoom-in Kornas Ganjarist Bicara Makna Kemerdekaan di Tahun Politik: Bebas Berpendapat, Santun, dan Beradab
Tribunnews.com/Istimewa
Ganjar Pranowo (kiri) saat bersama Plt Ketua Umum Kornas Ganjarist Kris Tjantra (paling kanan). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Plt Ketua Umum Kornas Ganjarist, Kris Tjantra bicara soal bagaimana memaknai HUT ke-78 Republik Indonesia dalam situasi jelang Pilpres 2024.

Kris menitikberatkan kemerdekaan yang sudah berusia 78 tahun ini tidak boleh dipecah hanya karena berbeda pilihan politik.




"Merdeka itu artinya bebas, bebas dalam menyampaikan pendapat, tetapi juga santun dan mengedepankan adab," kata Kris dalam pesan yang diterima, Kamis (17/8/2023).

Menurut Kris, pesta demokrasi yang bakal bergulir Februari tahun depan harus diisi dengan riang gembira, dan hal tersebut bisa dilakukan mulai dari merayakan kemerdekaan Indonesia dengan hal serupa.

Baca juga: Dibentuk Tepat di Hari Lahir Jokowi, Relawan Ganjarist Aceh Siap Menangkan Ganjar untuk Pilpres 2024

"Tidak boleh saling mencaci, memaki, menyebarkan hoaks. Mari kita adu gagasan, kedepankan fakta dan data," kata dia.

Hal itu pulalah yang menurut Kris juga selalu diingatkan oleh Ganjar Pranowo kepada para relawannya, termasuk Ganjarist, bahwa para relawan harus bisa memerangi hoaks dan bicara gagasan, di samping tetap santun dan beradab dalam mengemukakan gagasan.

BERITA TERKAIT

Apa yang kerap dikatakan Ganjar, dikatakan Kris, tentu juga sejalan dengan keinginan Presiden Joko Widodo yang mau bangsa Indonesia menjadi bangsa besar dengan moralitas dan kesantunan yang tinggi.

"Presiden Jokowi sudah optimistis bahwa Indonesia bisa menjadi maju dalam beberapa tahun ke depan. Sekarang, kitalah yang harus membuktikan dan membantu mewujudkan pernyataan Pak Jokowi bahwa Indonesia bisa menjadi negara yang maju," pungkas Kris.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas