Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Puan, Ganjar, dan Cak Imin Hargai Keputusan Demokrat Merapat ke Koalisi Prabowo

Puan Maharani dan Cak Imin memeberikan tanggapan soal Partai Demokrat merapat ke Koalisi Indonesia Maju dan mendukung Capres Prabowo Subianto

Penulis: Galuh Widya Wardani
Editor: Nanda Lusiana Saputri
zoom-in Puan, Ganjar, dan Cak Imin Hargai Keputusan Demokrat Merapat ke Koalisi Prabowo
Tribunnews.com
Puan Maharani, Ganjar hingga Cak Imin memeberikan tanggapan soal Partai Demokrat merapat ke Koalisi Indonesia Maju dan mendukung Capres Prabowo Subianto 

TRIBUNNEWS.COM - Ketua Umum DPP PDI-Perjuangan (PDIP), Puan Maharani turut menanggapi soal merapatnya Partai Demokrat mendukung bakal Calon Presiden (Capres), Prabowo Subianto.

Sebagaimana diketahui Ketua Umum Partai Gerindra itu mendapat dukungan dari Partai Demokrat yang sebelumnya menyatakan hengkang dari koalisi pendukung Capres, Anies Baswedan.

PDIP pun telah berusaha melakukan pendekatan kepada Demokrat, namun Demokrat memilih melabuhkan hatinya ke Koalisi Indonesia Maju, bersama Gerindra dan para pengusungnya.

Merespons hal itu, Puan pun menghargai pilihan Demokrat yang memilih mengusung Prabowo daripada Ganjar Pranowo, capres dari PDIP.

Baca juga: Profil Jenderal Purnawirawan yang Hadir di Hambalang saat SBY Bertemu Prabowo, Ada Eks Panglima ABRI

"Ya kami menghormati yang menjadi putusan Demorat yang memilih bergabung ke koalisinya Pak Parbowo."

"Jadi walaupun sebelumnya sudah dilakukan pembicaraan-pembicaraan bersama antara PDIP dan Partai Demokrat, tapi akhirnya Partai Demokrat memilih keputusan itu, ya kami menghargainya," ungkap Puan Maharani dikutip dari Kompas Tv.

Namun, Puan menegaskan dinamika masih akan terus berlangsung sampai hari pendaftaran Capres-Cawapres dilakukan.

BERITA TERKAIT

"(Perkembangannya) ya nanti kita lihat saja," kata Puan Maharani. 

Baca juga: SBY Siap Turun Gunung Menangkan Prabowo, PKB: yang Diharapkan Turun Gagasan

Senada dengan pernyataan Puan Maharani, capres dari PDIP yang juga mantan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo juga menghargai keputusan Partai Demokrat yang memilih merapat ke koalisi Prabowo.

Menurut Ganjar, semua partai politik (parpol) bebas menentukan pilihannya.

"Ya semua partai boleh menentukan pilihannya," kata Ganjar saat ditemui di Balai Serbaguna Purnomo Prawiro, Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat, Senin (18/9/2023).

SBY bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) beserta jajaran bertemu Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto beserta para Ketua Umum dari Koalisi Indonesia Maju di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Minggu (17/9/2023).
SBY bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) beserta jajaran bertemu Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto beserta para Ketua Umum dari Koalisi Indonesia Maju di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Minggu (17/9/2023). (istimewa)

Respons Cak Imin

Bakal Cawapres yang mendampingi Anies baswedan, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin juga turut menanggapi keputusan Partai Demokrat yang mendukung Prabowo.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menyebut Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mengusung Prabowo kini semakin kokoh setelah mendapat tambahan dukungan dari Partai Demokrat.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas