Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Soal Cawapres Koalisi Indonesia Maju, AHY: Kami Berikan Keleluasaan Itu kepada Pak Prabowo

AHY menyampaikan rasa hormatnya kepada Partai Gerindra yang memberikan ruang untuk partai politik (parpol) anggota KIM mengusulkan nama bacawapres

Penulis: Reza Deni
Editor: Daryono
zoom-in Soal Cawapres Koalisi Indonesia Maju, AHY: Kami Berikan Keleluasaan Itu kepada Pak Prabowo
Tribunnews/Reza Denni
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan bahwa  keputusan penentuan bakal calon wakil presiden (bacawapres) diserahkan ke tangan bakal calon presiden (bacapres) Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto

AHY mengaku tidak ingin masuk ke ranah tersebut terlalu jauh.




"Kita berikan keleluasaan itu kepada Pak Prabowo Subianto,” ujar AHY di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Kamis (21/9/2023).

AHY menyampaikan rasa hormatnya kepada Partai Gerindra yang memberikan ruang untuk partai politik (parpol) anggota KIM mengusulkan nama bacawapres, tak terkecuali Demokrat.

"Kami mungkin termasuk yang paling akhir bergabung, tapi tadi bisa dilihat, kami secara meyakinkan dan juga penuh dengan kebulatan memberikan dukungan penuh kepada Pak Prabowo,” tutur dia.

Baca juga: Respons Zulhas dan Airlangga usai Demokrat Deklarasi Prabowo: Strategi ke Depan Bisa Lebih Kencang

AHY juga yakin Prabowo bakal memutuskan dengan bijak siapa figur bacawapres yang mendampinginya dalam kontestasi tahun depan.

"Saya yakin, beliau juga akan menghormati aspirasi dan pandangan-pandangan dari kita semua termasuk Partai Demokrat,” pungkas dia. 

BERITA TERKAIT

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) secara resmi menyatakan dukungan atau mendeklarasikan dukungan terhadap Prabowo Subianto maju sebagai calon presiden (capres) untuk Pilpres 2024.

Pernyataan itu disampaikan oleh AHY dalam acara Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Demokrat, di Plenary Hall, Jakarta Convention Center (JCC).

"Malam hari ini Kamis tanggal 21 September 2023 pada Rapat Pimpinan Nasional di Jakarta Convention Center, Saya Agus Harimurti Yudhoyono, Ketua Umum Partai Demokrat secara resmi dan terbuka mendeklarasikan Bapak Brabowo Subianto sebagai calon presiden indonesia dalam Pemilu 2024," kata AHY saat menyampaikan deklarasinya, Kamis (21/9/2023).

Dalam acara Rapimnas Demokrat ini turut hadir seluruh pimpinan partai politik yang berada di Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Adapun mereka yakni, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra, Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta, Plt Sekjen PSI Isyana Bagoes Oka serta pimpinan Partai Garuda dan Partai Prima.

Usai menyatakan deklarasi tersebut, AHY menyerukan nama Prabowo yang dijawab Presiden oleh para kader yang hadir di Plenary Hall, Jakarta Convention Center.

"Demokrat, Demokrat, Demokrat, Siap!!" kata AHY seraya sambutan para kader.

"Prabowo, Prabowo, Prabowo, Presiden!!" lanjut AHY.(*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas