Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Megawati di Rakernas IV PDIP: Menangkan Pileg 2024 dan Ganjar Pranowo sebagai Presiden

Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri menegaskan target partai berlogo banteng ialah memenangkan Pileg 2024 dan Ganjar Pranowo.w

Penulis: Wahyu Gilang Putranto
zoom-in Megawati di Rakernas IV PDIP: Menangkan Pileg 2024 dan Ganjar Pranowo sebagai Presiden
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Presiden Joko Widodo bersama Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Bakal Calon Presiden dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo, Ketua Umum PPP Mardiono, Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang dan Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo berfoto bersama saat menghadiri pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-IV PDI Perjuangan di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (29/9/2023). 

TRIBUNNEWS.COM - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri menegaskan target partai berlogo banteng ialah memenangkan Pileg 2024 dan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Hal itu disampaikan Megawati dalam pidato sambutannya di Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV PDIP, Jumat (29/9/2023).

Rakernas yang berlangsung hingga 1 Oktober 2023 itu membahas isu utama soal kedaulatan pangan hingga Pilpres 2024.

Megawati mengatakan Bung Karno sudah menegaskan pangan berkaitan dengan mati hidupnya suatu negeri.

Hal inilah yang kini terjadi dalam perang Rusia dan Ukraina, pangan menjadi senjata yang sangat ampuh membangun hegemoni suatu negara.

“Di tengah pertarungan geopolitik ini, ketergangtungan Indonesia terhadap impor pangan semakin besar. Konsumsi gandum telah meningkat signifikan dari 4 persen pada 1970 menjadi 28 persen pada 2022,” kata Mega di JI-Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Baca juga: Soal Kans Mahfud MD dan Khofifah Jadi Cawapres, Ganjar: Cocok Semua

Menurutnya, pokok-pokok kebijakan pangan yang sudah dilakukan Presiden Jokowi melalui pembangunan infrastruktur telah membangkitkan optimisme terhadap jalan Indonesia yang berdaulat di bidang pangan.

BERITA TERKAIT

Konsepsi kedaulatan pangan itulah yang ditawarkan PDIP dalam Pemilu 2024.

“PDI Perjuangan tidak akan pernah menyerah dalam menjalankan politik kedaulatan pangan, itulah komitmen pokok partai pada pemerintahan yang akan datang dengan memenangkan Pileg dan Bapak Ganjar Pranowo sebagai Presiden RI kedelapan,” tegas Mega.

Rakernas juga dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Bacapres Ganjar Pranowo dan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju.

Jokowi Singgung Pertemuan dengan Zelensky dan Putin

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat berpidato di Rakernas PDIP yang digelar di JIExpo, Jakarta Pusat pada Jumat (29/9/2023).
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat berpidato di Rakernas PDIP yang digelar di JIExpo, Jakarta Pusat pada Jumat (29/9/2023). (YouTube PDI Perjuangan)

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sambutannya menyampaikan pengalamannya bertemu Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky dan Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Jokowi mengatakan geopolitik dunia berpengaruh pada pasokan pangan.

Ujarnya, Indonesia setidaknya mengimpor 11 juta ton dan hampir 30 persen berasal dari Ukraina dan Rusia sebagai produsen gandum terbesar dunia.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas