Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Momen Akrab dengan Jokowi Dianggap Jadi Sinyal, Ganjar atau Prabowo yang Paling Kuat Raih Dukungan?

Maka tak heran, kebersamaan Jokowi saat dengan capres tertentu dalam sebuah acara langsung diasumsikan sebuah sinyal dukungan.

Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Momen Akrab dengan Jokowi Dianggap Jadi Sinyal, Ganjar atau Prabowo yang Paling Kuat Raih Dukungan?
Kolase Tribunnews.com
Bacapres Ganjar Pranowo (kiri), Presiden Jokowi (tengah) dan Bacapres Prabowo Subianto (kanan). Kedekatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan bakal calon presiden (Bacapres) dapat dimaknai sebagai sinyal dukungan di Pilpres 2024. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kedekatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan bakal calon presiden (Bacapres) dapat dimaknai sebagai sinyal dukungan di Pilpres 2024.

Meskipun Jokowi tidak secara langsung memberi pernyataan mendukung satu calon tertentu.

Namun, banyak pihak yang memprediksi Jokowi akan menjadi king maker dalam Pilpres 2024.

Baca juga: Nama Cawapres Ganjar Mengerucut dan Tinggal Diumumkan, Khofifah dan Mahfud MD Disebut Berpeluang

Maka tak heran, kebersamaan Jokowi saat dengan capres tertentu dalam sebuah acara langsung diasumsikan sebuah sinyal dukungan.

Tak hanya itu, pernyataan Jokowi terkait Capres juga dapat ditangkap sebagai bentuk dukungan.

Lalu, siapa yang akan didukung Jokowi dalam Pilpres 2024?

Momen Kedekatan Jokowi dengan Ganjar

Jokowi saat menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV PDIP di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat sempat bisik-bisik kepada Ganjar Pranowo.

Baca juga: Ganjar Lamar Anak Muda Masuk Timsesnya: Saya Beri Ruang yang Luar Biasa, Bisa Learning by Doing

BERITA REKOMENDASI

"Tadi saya bisik-bisik ke Beliau (Ganjar-red) 'Pak, nanti habis dilantik besoknya langsung masuk kedaulatan pangan'," ujar Jokowi dalam pidatonya, dikutip dari kanal YouTube Kompas TV, Jumat (29/9/2023).

Momen bisik-bisik tersebut disebut sebagai sebuah kedekatan antara Jokowi dengan Ganjar.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan ada sinyal kuat yang diberikan Presiden Joko Widodo atau Jokowi terhadap bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo.

Hal itu menyikapi bisikan Presiden Jokowi terhadap Ganjar agar mengedepankan program kedaulatan pangan bila terpilih menjadi presiden di 2024.

Capres PDIP, Ganjar Pranowo duduk bersebelahan dengan Presiden Jokowi dalam pembukaan Rakernas IV PDIP di JIExpo Jakarta, Jumat (29/9/2023).
Capres PDIP, Ganjar Pranowo duduk bersebelahan dengan Presiden Jokowi dalam pembukaan Rakernas IV PDIP di JIExpo Jakarta, Jumat (29/9/2023). (KompasTV)

Hasto mengatakan Ganjar diminta Presiden Jokowi untuk bergerak cepat mengurus masalah pangan.

"Sehingga ini juga menunjukkan sinyal yang sangat kuat, ini hardcode dari Presiden Jokowi terhadap Pak Ganjar Pranowo," kata Hasto pada sela-sela Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV PDIP di JI-Expo Kemayoran, Jakarta, Jumat (29/9/2023).

Rambut Putih

Jokowi juga pernah memberikan pernyataan bersayap soal sosok Capres 2024 dalam acara Silaturahmi Nusantara Bersatu di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (26/11/2022).

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas