Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Antisipasi Ada Demo hingga Ancaman Teror, Polisi Kerahkan Rantis saat Pengamanan Debat Perdana

Polisi terjunkan rantis saat pengamanan kegiatan debat perdana capres dan cawapres di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Selasa (12/12/2023).

Penulis: Abdi Ryanda Shakti
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Antisipasi Ada Demo hingga Ancaman Teror, Polisi Kerahkan Rantis saat Pengamanan Debat Perdana
Dok. KPU
Ini denah panggung untuk debat capres-cawapres 2024 yang digelar di Kantor KPU, Selasa (12/12/2023). Pihak kepolisian menerjunkan kendaraan taktis (rantis) saat pengamanan kegiatan debat perdana capres dan cawapres di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Selasa (12/12/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdi Ryanda Shakti

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pihak kepolisian menerjunkan kendaraan taktis (rantis) saat pengamanan kegiatan debat perdana capres dan cawapres di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Selasa (12/12/2023).

Nantinya pengamanan dengan rantis itu untuk mengantisipasi sejumlah ancaman mulai dari unjuk rasa atau demo hingga teror.

"Kendaraan taktis yg kami libatkan dalam pengamanan kali ini sesuai dengan kemungkinan-kemungkinan ancaman yang mungkin bisa saja terjadi, baik itu bersifat massa yang datang unjuk rasa, terror, dan sebagainya," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro kepada wartawan, Selasa.

Susatyo menyebut sejauh ini total 2.120 personel gabungan dikerahkan dalam rangkaian pengamanan tersebut.

Ribuan personel akan disebar di sejumlah titik sesuai pemetaan yang sudah dilakukan pihak kepolisian.

"Setiap paslon capres maupun cawapres pada ring 1 itu sudah melekat dari kepolisian dari Mabes Polri. Sementara kami untuk kegiatan pada hari ini, melekat pada ring 2 ring 3 sehingga kami berharap semua kegiatan bisa berjalan dengan aman dan lancar," ucapnya.

BERITA REKOMENDASI

Selain personel pengamanan, Ditlantas Polda Metro Jaya juga telah menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar Kantor KPU.

Rencananya, rekayasa lalu lintas di kawasan tersebut diterapkan mulai pukul 15.00 WIB.

"Tentunya kami mengharapkan dan mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk menghindari pada jalur-jalur berikut, yang tentunya akan dilakukan kegiatan dalam debat capres dan cawapres," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko.

Berikut daftar rekayasa lalu lintas yang disiapkan terkait adanya kegiatan debat capres-cawapres:

1. Kendaraan yang datang dari arah Bundaran HI yang akan menuju Jl Imam Bonjol dialihkan ke Jalan H. Agus Salim maupun Jl Pamekasan.

2. Kendaraan yang datang dari arah Jl H. Agus Salim yang akan menuju Jl Imam Bonjol diluruskan ke Jl. Pamekasan atau belok ke kanan ke arah Bundaran HI.

3. Kendaraan yang datang dari arah Jl. Rasuna Said yang akan menuju Jl Imam Bonjol diluruskan ke Jl Cokroaminoto atau belok ke kanan ke Jl. Diponegoro.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas