Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jelang Debat KPU Besok: 'Gibran Satu-satunya Cawapres yang Punya Pengalaman Eksekutif'

Ia mengakui bahwasanya Cak Imin dan Mahfud MD memiliki pengalaman eksekutif sebagai menteri. Akan tetapi, hal itu berbeda dengan Gibran yang memiliki

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Jelang Debat KPU Besok: 'Gibran Satu-satunya Cawapres yang Punya Pengalaman Eksekutif'
Instagram @sctv
Inilah jadwal Acara TV Jumat, 22 Desember 2023 terdapat tayangan FYP di TRANS 7 dan Debat Kedua Capres Cawapres 2024 di SCTV. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka akan mengikuti debat yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Jumat (22/12/2023) besok. Rencananya, debat akan membahas seputar ekonomi.

Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran, Grace Natalie menyampaikan bahwa hanya Gibran satu-satunya cawapres yang memiliki pengalaman di eksekutif. Dia kini menjabat sebagai Wali Kota Surakarta 




Sementara itu, kandidat cawapres lain yaitu Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dan Mahfud MD tak memiliki pengalaman eksekutif atau kepala daerah.

"Saya sih optimis banget debat besok nih teman-teman, pasti seru karena hanya mas Gibran yang punya pengalaman sebagai eksekutif, yang lain enggak punya," ujar Grace dalam diskusi Cipta Untuk Aksi Nyata (CUAN) di Sekber Relawan Prabowo-Gibran, Slipi, Jakarta, Kamis (21/12/2023).

Ia mengakui bahwasanya Cak Imin dan Mahfud MD memiliki pengalaman eksekutif sebagai menteri. Akan tetapi, hal itu berbeda dengan Gibran yang memiliki pengalaman eksekutif sebagai kepala daerah yang mengelola anggaran sendiri.

"Cak Imin pernah jadi DPR, pernah jadi menteri, tapi kan menteri ada bosnya, kalau legislatif juga kerjanya kan kolektif. Pak Mahfud juga jadinya menteri sama hakim MK, legislatif juga mungkin dulu ya saya lupa, tapi intinya gak pernah jadi eksekutif yang bisa punya otoritas mengelola anggaran dengan kebijakannya sendiri," katanya.

BERITA TERKAIT

Lebih lanjut, Grace menambahkan nantinya Gibran bisa membeberkan kinerjanya sebagai Wali Kota Solo saat debat cawapres besok. Khususnya, kata dia, program-program yang telah dilakukan di Solo.

"Jadi, akan menarik saya pikir kalau kita melihat besok mas Gibran dengan pendekatan eksekutifnya dengan kreativitas yang sudah kita lihat keren banget di Solo," katanya.

"Solo yang kecil dan miskin sumber daya sekarang justru bisa menjadi kota event setiap minggu harus ada event, anak mudanya bergairah di sana, bisnis jalan UMKM jalan, dan itu tentunya sangat dekat dengan jiwa enterpreneurship. Jadi ternyata enterpreneurship enggak cuma di bisnis, tapi juga di politik, enterpreneurship politik," sambungnya.

Baca juga: KPU Izinkan Cawapres Bawa Alat Tulis saat Debat Besok, Gibran Boleh Lihat Teleprompter?

Sebagai informasi KPU menyelenggarakan debat kedua Pilpres 2024  di Jakarta Convention Center (JCC) mulai pukul 19.00 WIB, Jumat (22/12/2023).

Debat kedua akan menjadi ajang bagi cawapres beradu gagasan. Mereka diantaranya Mahfud MD, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dan Gibran Rakabuming Raka.

Adapun tema yang dibahas meliputi Ekonomi Kerakyatan, Ekonomi Digital, Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN/APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan.

Secara garis besar, teknis pelaksanaan debat kedua ini memiliki kesamaan dengan debat pertama yang berlangsung pada 12 Desember kemarin.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas