Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Berkaca dari Debat Cawapres, Kapten Timnas AMIN Sebut Anies Antisipasi Pertanyaan Akronim

Calon Presiden nomor urut 1 Anies Baswedan, bakal mengantisipasi pertanyaan yang menggunakan akronim dalam debat selanjutnya.

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Berkaca dari Debat Cawapres, Kapten Timnas AMIN Sebut Anies Antisipasi Pertanyaan Akronim
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar saat acara Konsolidasi Pemenangan AMIN di Jakarta, Kamis (21/12/2023). Konsolidasi tersebut sebagai pemantapan untuk memenangkan pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar dalam Pilpres 2024. Tribunnews/Irwan Rismawan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Calon Presiden nomor urut 1 Anies Baswedan, bakal mengantisipasi pertanyaan yang menggunakan akronim dalam debat selanjutnya.

Hal itu diungkapkan Kapten Timnas AMIN (Anies-Muhaimin) Muhammad Syaugi, merespons cawapres nomo urut 2 Gibran Rakabuming Raka, yang mengajukan pertanyaan menggunakan akronim kepada cawapres Muhaimin Iskandar, pada debat perdana cawapres Jumat (22/12/2023) lalu.




"Oh iya, iya, pastilah (diantisipasi)," kata Syaugi di Posko Pemenangan AMIN, Jalan Diponegoro 10, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (24/12/2023).

Sebab, kata Syaugi, strategi Gibran menyerang lawan dengan istilah yang masih asing di telinga masyarakat.

Menurutnya dalam sebuah debat yang terpenting adalah substansi gagasan tersampaikan kepada publik.

Bukan istilah yang justru membuat masyarakat kebingungan.

BERITA TERKAIT

"Mengenai pertanyaan yang disampaikan oleh paslon yang lain tentang singkatan, ya saya pikir itu masyarakat yang bisa menilai itu, seperti apa yang disampaikan Pak Anies debat ini debat subtansi ya, bukan seperti cerdas cermat," ucap Syaugi.

"Jadi masyarkat yg bisa menilai ya, jadi saya pikir kalau memberikan singkatan harus diberitahu, nanti kalau diberi singkatan lagi, malah susah kita kan," imbuhnya.

Adapun pertanyaan itu dilontarkan Gibran kepada Cak Imin dalam debat cawapres yang digelar KPU di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Selatan pada Jumat (22/12/2023) malam.

Mulanya, Gibran bertanya kepada Cak Imin terkait caranya untuk meningkatkan peringkat Indonesia di SGIE. Sebab, Cak Imin merupakan ketua umum partai yang berbasis massa islam.

"Karena Gus Muhaimin ini Ketua Umum PKB, saya yakin sekali Pak Muhaimin paham sekali masalah ini. Bagaimana langkah Gus Muhaimin menaikkan peringkat Indonesia di SGIE? terima kasih," tanya Gibran kepada Cak Imin dalam debat cawapres.

Terkait hal ini, Cak Imin mengaku tidak mengetahui maksud Gibran mengenai SGIE. Ia pun menanyakan balik kepada Gibran masuk SGIE tersebut.

"Terus terang, saya SGIE itu tidak paham. SGIE itu apa?" tanya balik Cak Imin.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas