Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Prabowo dan Anies Tak Bersalaman Setelah Debat, Pengamat: Tidak Elok Dipertontonkan

Pangi menyangkan kedua calon pemimpin negara Indonesia itu mempertontonkan ketidaksportifan kepada publik.

Penulis: Rahmat Fajar Nugraha
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Prabowo dan Anies Tak Bersalaman Setelah Debat, Pengamat: Tidak Elok Dipertontonkan
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan bersama calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto dan calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo saat debat calon presiden Pemilu 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024). Debat ketiga Pemilu 2024 diikuti tiga capres dengan tema Pertahanan, Keamanan, Hubungan internasional, dan Geopolitik. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Rahmat W Nugraha 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center Research & Consulting, Pangi Syarwi Chaniago menyangkan sikap calon presiden RI Anies Baswedan dan Prabowo Subianto tak bersalaman usai debat capres.

Diketahui, debat ketiga Pilpres 2024 digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Istora Senayan, Jakarta, pada Minggu (7/1/2024) malam.




Adapun tema yang diusung yakni Pertahanan Nasional, Keamanan, Globalisasi, Hubungan Internasional, Geopolitik dan Politik Luar Negeri.

"Tidak saling salaman pasca debat antara Anies dan Prabowo menurut saya juga problem tersendiri, debat boleh keras, bantah data, saling menyerang. Namun setelah debat harusnya berangkulan kembali, seperti main bola, sekeras apapun kompetisi namun tetap berangkulan kembali setelah permainan usai," kata Pangi kepada Tribunnews.com, Selasa (9/1/2024).

Pangi menyangkan kedua calon pemimpin negara Indonesia itu mempertontonkan ketidaksportifan kepada publik.

"Terlepas siapa yang bersalaman dan siapa yang menemui siapa, terlepas siapa yang lebih senior dan seterusnya, dan termasuk soal alasan Anies yang sudah mencari Prabowo namun sudah tidak menemui Prabowo, bingung mau cari ke mana. Prabowo mengatakan bahwa dia (Anies) nggak datang ke saya, saya lebih tua dari dia, lebih senior," kata Pangi.

BERITA TERKAIT

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research & Consulting ini juga menyebut habitus yang seperti itu jangan dipertontonkan.

"Tidak fair dan tidak elok dipertontonkan dagelan politik semacam ini di panggung depan publik, nampak kurang elok dan tidak berkelas sama sekali," jelasnya.

Baca juga: Soal Jokowi Nilai Debat Capres Serang Personal, Anies Merasa Aneh, Cak Imin: Gak Bahaya Ta?

Sebelumnya, debat ketiga Pilpres 2024 selesai dilaksanakan di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (7/1/2024).

Setelah berakhir, capres nomor urut 1 Anies Baswedan dan capres nomor urut 2 Prabowo Subianto tampak tidak bersalaman.

Terlihat, setelah debat diumumkan berakhir oleh moderator, para paslon langsung menghampiri satu sama lain.

Terlihat, capres nomor 03 Ganjar Pranowo pertama menyalami Prabowo. Kemudian, Prabowo dihampiri oleh beberapa ketua umum parpol koalisi, di antaranya Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan hingga Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.

Suasana usai debat capres 2024 di Istora Senayan Jakarta, Minggu (7/1/2024), tampak capres nomor 1 Anies Baswedan dan nomor urut 2 Prabowo Subianto tak saling bersalaman.
Suasana usai debat capres 2024 di Istora Senayan Jakarta, Minggu (7/1/2024), tampak capres nomor 1 Anies Baswedan dan nomor urut 2 Prabowo Subianto tak saling bersalaman. (Youtube)

Di sisi yang lain, Anies tampak menyalami cawapres 03 Mahfud MD, begitu pun dengan Cak Imin.

Kemudian, Anies menyalami Ganjar, disusul menyalami Gibran setelahnya.

Tidak terlihat setelahnya apakah Prabowo dan Anies bersalaman setelah debat berakhir.

Baca juga: Respons NasDem Sikapi Anies Dilaporkan ke Bawaslu Buntut Singgung Tanah Prabowo: Biarkan Diproses

Saat ditanyakan, Anies mengatakan bahwa dirinya memang tidak bersalaman dengan Prabowo, tetapi Anies sempat mencari keberadaan Prabowo.

Saat ditanyakan, Anies mengatakan bahwa dirinya memang tidak bersalaman dengan Prabowo, tetapi Anies sempat mencari keberadaan Prabowo.

"Sesudah selesai saya mencari, tapi sudah tidak ada, jadi tidak tahu ke mana harus salaman," kata Anies dalam konferensi pers setelah debat.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas