Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mahfud MD dan Cak Imin Satu Suara Pembentukan Lembaga untuk Reformasi Agraria

Muhaimin Iskandar (Cak imin) dan Mahfud MD memiliki pendapat yang sama tentang reformasi agraria untuk pembentukan satu lembaga baru di bawah presiden

Penulis: Facundo Chrysnha Pradipha
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in Mahfud MD dan Cak Imin Satu Suara Pembentukan Lembaga untuk Reformasi Agraria
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD memberikan paparan disaksikan cawapres nomor urut satu Muhaimin Iskandar saat mengikuti debat ketiga Pilpres 2024 di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024). Debat keempat ini bertemakan energi, sumber daya alam, sumber daya manusia, ajak karbon, lingkungan hidup dan agraria serta masyarakat adat. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM - Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 1 dan 3, yakni Muhaimin Iskandar (Cak imin) dan Mahfud MD memiliki pendapat yang sama tentang reformasi agraria.

Keduanya satu suara dalam pembentukan satu kelembagaan langsung di bawah presiden untuk mengurus permasalahan agraria, seperti halnya sertifikat tanah.

Dalam debat cawapres disiarkan live streaming via YouTube KPU RI,  pada Minggu (21/1/2024), awalnya Cak Imin bertanya kepada Mahfud MD tentang onflik agraria.

Mahfud MD mengungkapkan, harus ada kesepakatan untuk menyelesaikan masalah tanah yang terjadi dalam kurun waktu yang lama ini.

Mahfud menceritakan, terdapat perbedaan pengesahan sertifikat tanah saat zaman orde lama, saat itu Keputusan Inspektur Jenderal Agraria (KINAG) dan setelah zaman orde baru.

Lantas hal ini disebutnya menjadi tumpang tindih saat tanah yang sah secara hukum pada zaman orde lama kemudian tidak sah saat sertifikat harus dikeluarkan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Mahfud MD menilai, harus dibuat kesepakatan untuk menyelesaikan permasalahan pengesahan tanah antar lintas zaman.

BERITA REKOMENDASI

Setuju dengan Cak Imin, Mahfud MD mengaku gagasan pembentukan satu lembaga di bawah presiden merupakan gagasannya bersama Ganjar Pranowo untuk reformasi agraria.

"Reformasi agraria itu menjadi salah stau bagian misi kami pada tahun ni, kami punya tim reformasi hukum nasional, masalah agraria ini harus ada sebuah badan khusus yang nanti menangani," terang dia.

"Jadi tadi proses kesepakatan untuk KINAG dan sertfikiat tanah itu menjadi bagian dari apa yang sudah kami rencanakan."

Mahfud MD Sebut-sebut Madura

Baca juga: Mahfud MD Serang Gibran Soal Komitmen Jokowi Tidak Mengimpor Komoditas Pangan

Calon wakil presiden nomor urut 03 Mahfud MD menyampaikan, orang Madura lebih dulu mengatasi greenflation atau inflasi energi hijau.

Mahfud MD menjelaskan, apa itu transformasi ekonomi ke arah yang lebih hijau atau ekonomi sirkular.

"Di mana sebuah proses pemanfaatan produk ekonomi, pangan, diproduksi kemudian dimanfaatkan kemudian di-recycle," ujar Mahfud MD menjawab pertanyaan cawapres nomor urut 02 Gibran Rakabuming Raka soal greenflation saat debat di Jakarta, Minggu (21/1/2024).

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas