Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Minta Rakyat Nonton Debat untuk Referensi Memilih, Ganjar: Anda Akan Lihat Gimana Cara Jawabnya

Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo, mengingatkan rakyat Indonesia memiliki hak memilih, terutama dalam konteks Pilpres 2024.

Penulis: Ibriza Fasti Ifhami
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Minta Rakyat Nonton Debat untuk Referensi Memilih, Ganjar: Anda Akan Lihat Gimana Cara Jawabnya
Tribunnews.com/Ibriza
Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo, saat menghadiri Hajatan Rakyat Cirebon, di Stadion Bima, Cirebon, Jawa Barat, pada Sabtu (27/1/2024). (Ibriza) 

Laporan wartawan Tribunnews, Ibriza Fasti Ifhami

TRIBUNNEWS.COM, CIREBON - Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo, mengingatkan rakyat Indonesia memiliki hak memilih, terutama dalam konteks Pilpres 2024.

"Anda semua punya kebebasan untuk itu. Anda punya hak untuk memilih siapa yang akan Anda pilih," ucap Ganjar, saat menghadiri Hajatan Rakyat Cirebon, di Stadion Bima, Cirebon, Jawa Barat, pada Sabtu (27/1/2024).

Ganjar juga mengingatkan, sebelum memberikan hak suara, masyarakat punya referensi untuk memilih siapa pemimpin yang didukungnya, yakni melalui debat capres-cawapres Pilpres 2024.

Sebab, melalui debat tersebut, kata Ganjar, masyarakat akan melihat adu gagasan para kandidat melalui pertanyaan-pertanyaan yang dihadirkan dan cara menjawab mereka masing-masing.

"Lihatlah debat para kandidat. Lihatlah debat para kandidat," ucap Ganjar.

"Karena bapak-ibu sekalian akan melihat satu per satu, apa pertannyaannya, bagaimana cara menjawabnya, tahu atau tidak (konteks yang ditanyakan dalam debat), atau barangkali memang tidak tahu. Maka itulah yang nanti menjadi referensi bapak, ibu untuk memilih," tegas eks Gubernur Jawa Tengah itu.

BERITA TERKAIT

Selanjutnya, Ganjar mengingatkan agar rakyat tidak pernah takut untuk memperjuangkan hak-haknya.

"Tidak pernah ada yang boleh ingkar janji," ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ganjar juga mengatakan, jabatan bukan untuk selama-lamanya, melainkan ada batasnya.

"Buat pasangan Ganjar-Mahfud. Buat kami, integritas itu yang paling utama," kata Ganjar, di hadapan ribuan pendukung, Sabtu siang.

"Buat kami jabatan itu bukanlah selama-lamanya, betul ya? Jabatan itu ada batasnya. Maka siapapun yang memegang jabatan di republik ini ada batasnya," tuturnya.

Sebelumnya, cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka sempat melakukan gerakan tubuh atau gestur ketika melontarkan pertanyaan kepada Mahfud dalam debat kedua cawapres di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (21/1/2024).

Mulanya, Gibran bertanya mengenai komitmen Ganjar-Mahfud mengatasi greenflation atau inflasi hijau.

Menjawab pertanyaan Gibran, Mahfud menyinggung soal pembangunan ekonomi hijau sebagai upaya untuk mencegah inflasi tersebut.

"Untuk mengatasi inflasi hijau, apa sih inflasi hijau? Kan ekonomi hijau, ekonomi hijau itu adalah ekonomi sirkuler. Di mana sebuah proses pemanfaatan produk ekonomi, pangan misalnya, atau apa, produksi apapun diproduksi, kemudian dimanfaatkan, direcycle, bukan dibuat," kata Mahfud menjawab pertanyaan Gibran.

Mendengar jawaban Mahfud, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu mengaku tidak mendapatkan solusi apa yang dia harapkan.

Lantas Gibran pun menunjukkan gestur celingak-celinguk di belakang podiumnya.

"Saya lagi nyari jawabannya Prof Mahfud, saya nyari-nyari di mana ini jawabannya? Kok enggak ketemu jawabannya. Saya tanya masalah inflasi hijau, kok malah menjelaskan ekonomi hijau, Prof Mahfud yang namanya greenflation itu, inflasi hijau itu," kata Gibran.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas