Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

RSUD Tamansari Terima 12 Orang Tim Sukses Caleg Konsultasi Kejiwaan Usai Pencoblosan Pemilu 2024

Kata Ngabila, pemeriksaan atau konsultasi kejiwaan itu bisa saja mendapatkan tindak lanjut jika, kondisi pasien dalam taraf berat.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in RSUD Tamansari Terima 12 Orang Tim Sukses Caleg Konsultasi Kejiwaan Usai Pencoblosan Pemilu 2024
Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra
RSUD Tamansari Jakarta Barat sejauh ini telah menerima 12 orang Timses Caleg yang konsultasi kejiwaan usai pencoblosan pemilu 2024, Selasa (20/2/2024). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tamansari menerima pendaftaran konsultasi kejiwaan yang dilakukan untuk masyarakat umum setelah pencoblosan pileg dan pilpres digelar pada 14 Februari lalu.

Kepala Seksi Pelayanan Medik dan Keperawatan RSUD Tamansari dr. Ngabila Salama menyatakan, sejauh ini pihaknya menerima sebanyak 95 orang pendaftar konsultasi.

Baca juga: Cerita Tim Sukses Caleg dan Capres Stres Alami Halusinasi Karena Jagoannya Kalah di Pemilu 2024

Dari jumlah tersebut 12 orang diantaranya merupakan tim sukses calon anggota legislatif (caleg) yang berlaga pada pileg kemarin.

"Ada 95 orang sudah terdaftar sampai H-1 dari target 100 orang, di antara 4 orang KPPS, 12 timses caleg dari berbagai daerah, 50 masyarakat umum (Ibu rumah tangga, ASN, Mahasiswa) dan 29 tenaga kesehatan dari berbagai instansi dan daerah," kata Ngabila kepada awak media, Selasa (20/2/2024).

Kata Ngabila, pemeriksaan atau konsultasi kejiwaan itu bisa saja mendapatkan tindak lanjut jika, kondisi pasien dalam taraf berat.

Baca juga: Hasil Perolehan Suara Sementara Caleg Artis Dapil Jawa Tengah I dan III per 20 Februari 2024

Salah satunya yakni dengan memberikan terapi di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Tamansari atau mendapatkan rujukan ke RS Jiwa (RSJ) Soeharto Heerdjan.

BERITA REKOMENDASI

"Pada gangguan lebih akut dan berat akan dirujuk ke RS yang lebih tunggu dan fasilitas lengkap serta fasilitas rawat inap lebih lengkap, RS Soeharto Heerdjan Grogol dan RSKD Duren Sawit," beber Ngabila.

Sebagai informasi, RSUD Tamansari bekerja sama dengan RSJ Soeharto Heerdjan Grogol dan Puskesmas Taman Sari untuk mengadakan penyuluhan kesehatan jiwa.

Adapun target yang diutamakan yakni Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) hingga Timses Caleg atau bahkan caleg itu sendiri.

Penyuluhan kesehatan jiwa ini ditargetkan hanya untuk 100 orang secara gratis. 

Baca juga: Cerita 2 Caleg di Kediri yang Masih Dapat Suara meski Telah Meninggal Dunia

"Kami berkolaborasi dengan RS Jiwa Soeharto Heerdjan Grogol dan Puskesmas Taman Sari membuat penyuluhan kesehatan jiwa sekaligus tes gratis untuk 100 orang utamanya KPPS, Timses, caleg, partisan pemilu untuk mendeteksi gangguan jiwa," tukas dia.

Sementara untuk masyarakat yang ingin melakukan konsultasi online/offline bisa dilakukan dengan psikiater RSUD Taman Sari selama hari Senin sampai Sabtu mulai pukul 12.00 WIB sampai 21.00 WIB.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas