Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Politikus PDIP Pastikan Hak Angket Dugaan Kecurangan Pemilu Bakal Tetap Bergulir

Politikus PDI Perjuangan Chico Hakim yakin hak angket di DPR RI untuk usut dugaan kecurangan pemilu akan tetap bergulir. 

Penulis: Milani Resti Dilanggi
Editor: Bobby Wiratama
zoom-in Politikus PDIP Pastikan Hak Angket Dugaan Kecurangan Pemilu Bakal Tetap Bergulir
Kompas.com/Nicholas Ryan Aditya
Politikus PDI-P Chico Hakim - Politikus PDI Perjuangan Chico Hakim yakin hak angket di DPR RI untuk usut dugaan kecurangan pemilu akan tetap bergulir.  

TRIBUNNEWS.COM - Politikus PDI Perjuangan Chico Hakim yakin hak angket di DPR RI untuk usut dugaan kecurangan pemilu akan tetap bergulir. 

Hal itu disampaikan Chico menanggapi isu meredupnya sinyal hak angket, setelah Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakn belum adanya pergerakan dan tidak adanya instruksi ke Fraksi PDI Perjuangan di DPR soal usulan hak angket.

"Enggak ada instruksi, enggak ada," ujar Ketua DPP PDIP itu di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (28/3/2024).

Chico mengatakan, apa yang dikatakan Puan bukan berarti menutup kemungkinan bergulirnya hak angket. 

Ia menilai, DPR RI tengah disibukan dengan sejumlah agenda yang lebih urgent atau mendesak dibanding hak angket. 

"Oh tidak, intinya tidak itu bukan berarti tidak akan, karena beliau itu ditanya disatu waktu yang memang disaat itu belum ada pembicaraan, belum ada instruksi dan belum ada hal-hal yang dianggap urgent di dalam waktu dekat."

"Kan mbak puan baru saja mengesahkan Undang-Undang Desa. Artinya, DPR sedang banyak agenda yang dikejar," kata Chico, Jumat (29/3/2024) dikutip dari YouTube KompasTV. 

BERITA REKOMENDASI

Lebih lanjut, saat ini PDIP sebagai partai pemimpin koalisi kubu paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD, juga tengah disibukan dengan sidang perkara hasil Pilpres di Mahkamah Konstitusi (MK). 

"Untuk TPN Ganjar-Mahfud termasuk PDIP yang ada didalamnya sebagai partai pemimpin koalisi, saat ini sedang fokus ke Mahkamah Konstitusi," tuturnya. 

"Apa yang menjadi persiapan untuk hak angket itu memang sudah siap dan tinggal go ahead saja, pada saat yang tepat dan pada saat yang memang dibutuhkan," pungkasnya. 

Puan Maharani sebelumnya mengaku tak memberikan instruksi terkait hak angket untuk menyelidiki dugaan kecurangan Pemilu 2024 kepada Fraksi PDIP di DPR RI.

Baca juga: Sikap Puan Maharani dan Meredupnya Sinyal Hak Angket

Puan menjelaskan, jika hak angket adalah jalan terbaik maka akan dilaksanakan. 

Puan menyebut hingga saat ini, hak angket belum diajukan secara resmi kepada DPR. 

"Kalau kemudian itu memang sudah ada, ya, (mekanisme terpenuhi) tentu saja kita akan menunggu bagaimana. Sampai sekarang kan belum ada," ujar Puan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (28/3/2024).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas