Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Masuk Usia Pensiun Tahun Ini, Kapolda Jateng Ahmad Luthfi Bakal Maju Pilgub Jateng 2024?

Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi masuk jajaran sosok yang berpotensi maju sebagai calon gubernur dalam Pilgub Jateng 2024.

Penulis: Wahyu Gilang Putranto
Editor: Bobby Wiratama
zoom-in Masuk Usia Pensiun Tahun Ini, Kapolda Jateng Ahmad Luthfi Bakal Maju Pilgub Jateng 2024?
Tribun Jateng/Hermawan Handaka
Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi masuk jajaran sosok yang berpotensi maju sebagai calon gubernur dalam Pilgub Jateng 2024. 

TRIBUNNEWS.COM - Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi masuk jajaran sosok yang berpotensi maju sebagai calon gubernur dalam Pilgub Jateng 2024.

Peluang Ahmad Luthfi menjadi Cagub Jateng 2024 terbuka karena tahun ini ia bakal memasuki usia pensiun.

Lahir di Surabaya, Jawa Timur pada 22 November 1966, Ahmad Luthfi tahun ini bakal berusia 58 tahun.

Adapun usia pensiun Polri yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2003 Tentang Pemberhentian Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia adalah 58 tahun.

Selain memasuki usia pensiun tahun ini, peluang Ahmad Luthfi maju di Pilgub Jateng makin terbuka setelah namanya masuk dalam top 3 survei bakal Cagub Jateng.

Kapolda Jateng, Irjen Ahmad Luthfi saat konferensi pers terkait kasus pembunuhan disertai mutilasi di Sukoharjo, Selasa (30/5/2023).
Kapolda Jateng, Irjen Ahmad Luthfi saat konferensi pers terkait kasus pembunuhan disertai mutilasi di Sukoharjo, Selasa (30/5/2023). (YouTube Jateng)

Hasil survei popularitas dan elektabilitas Cagub Jateng 2024 yang dilakukan Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) pada 12-22 April 2024 menunjukkan nama Ahmad Luthfi mengungguli sejumlah nama unggulan.

Nama-nama yang diungguli Ahmad Luthfi antara lain Bupati Kendal Dico Ganinduto dan Ketua DPW PKB Jateng, Gus Yusuf Chudlori.

BERITA TERKAIT

Meski begitu, Ahmad Luthfi masih berada di bawah mantan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi dan Ketua DPD Gerindra Jateng, Sudaryono.

Berikut 6 besar tingkat elektabilitas Cagub Jateng 2024, dilansir Tribun Jateng:

  1. Hendrar Prihadi (Hendi) mantan walikota Semarang, Kepala LKPP RI mencapai 21,2 persen
  2. Sudaryono Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah 19,1 persen,
  3. Taj Yasin  mantan wagub Jawa Tengah mencapai 16,6 persen,
  4. Irjen Pol Ahmad Luthfi Kapolda Jawa Tengah 11,7 persen,
  5. Dico M. Ganinduto mantan bupati Kendal 11,1 persen,
  6. Muhammad Yusuf Chudlori politisi PKB tingkat elektabilitasnya mencapai 9,2 persen,
  7. Belum menentukan pilihan 11,1 persen. 

Dari 1.820 responden warga Jawa Tengah yang terpilih sebagai responden, hasil temuan survei LKPI baru sebanyak 49,3 persen yang mengetahui akan adanya pilkada Jawa Tengah pada bulan November 2024, dan selebihnya sebanyak 50,7 persen tidak tahu atau tidak mengerti akan adanya pilkada Jawa Tengah.

Baca juga: Profil Sudaryono, Eks Aspri Prabowo Ramaikan Bursa Pilgub Jateng 2024

Direktur Eksekutif LKPI Tobu Lubis, mengatakan, survei yang dilakukan di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah ini menggunakan sampel warga Jawa Tengah yang sudah berusia diatas 17 tahun sebanyak 1820 responden, dari populasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 di Provinsi Jawa Tengah sebanyak 28.289.413 orang.

"Penarikan sample menggunakan teknik pengambilan sampel secara acak bertingkat atau multi stage random sampling," kata Tobus Lubis dalam keterangannya.

Survei ini memiliki Margin of error +/- 2,3 persen dengan tingkat kepercayaan atau level of confidence sebesar 95 persen.

Tanggapan Ahmad Luthfi

Sementara itu Ahmad Luthfi mengaku belum berpikir mengenai pencalonan dirinya sebagai Cagub Jateng 2024.

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas