Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PKS Nyatakan Belum Final Usung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024

Juru Bicara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Pipin Sopian mengatakan bahwa partainya belum final usung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024.

Penulis: Rahmat Fajar Nugraha
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in PKS Nyatakan Belum Final Usung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024
Tribunnews.com/Rahmat W. Nugraha
Juru Bicara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Pipin Sopian. Pipin Sopian mengatakan bahwa partainya belum final usung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024. Hal itu dikatakan Pipin karena di Pilkada Jakarta harus ada gabungan minimal dari dua parpol untuk mengusung pasangan calon. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Juru Bicara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Pipin Sopian mengatakan bahwa partainya belum final usung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024.

Hal itu dikatakan Pipin karena di Pilkada Jakarta harus ada gabungan minimal dari dua parpol untuk mengusung pasangan calon.

Kemudian dikatakannya bahwa PKS perlu duduk bareng dengan partai koalisi mengusung pasangan calon di Pilkada Jakarta 2024.

"Kami belum final mengusung Pak Anies. Semua (Parpol) akan duduk bareng siapa (Wakilnya). Karena dalam penentuan Pilkada ini partai itu tidak bisa hanya mengusulkan sendiri," kata Pipin kepada Tribunnews.com di kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Rabu (19/6/2024) malam.

Ia melanjutkan harus sepasang langsung Gubernur dan Wakil Gubernur atau kepala daerah dan wakil kepala daerah.

"Ini kan perlu duduk bareng, duduk barengnya ini nih perlu kesepakatan. Tidak bisa hanya satu partai, tapi harus dua tiga partai," jelasnya.

Ia menerangkan di Jakarta minimal ada dua partai pengusung. Karena tidak ada partai tunggal yang bisa mengusung calon kepala daerah sendiri.

BERITA REKOMENDASI

Sebelumnya, Anies Baswedan menerima rekomendasi dari Dewan Pimpinan Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa (DPW PKB) DKI Jakarta untuk maju di Pilgub Jakarta 2024.

Rekomendasi itu diberikan langsung oleh Ketua DPW PKB DKI Jakarta Hasbiallah Ilyas.

Anies Baswedan menyampaikan sambutan saat mengunjungi Kantor DPW PKB DKI Jakarta seusai resmi didukung maju di Pilgub Jakarta, Kamis (13/6/2024).
Anies Baswedan menyampaikan sambutan saat mengunjungi Kantor DPW PKB DKI Jakarta seusai resmi didukung maju di Pilgub Jakarta, Kamis (13/6/2024). (YouTube/Kompas TV)

Anies menilai bahwa PKB selalu bersama sejak dirinya menjabat Gubernur DKI Jakarta selama lima tahun periode pertama.

"Maka PKB punya jasa juga dalam apa yang dicapai di Jakarta," kata Anies dalam sambutannya di Kantor DPW PKB DKI Jakarta, Kayu Putih, Jakarta Timur, Kamis (13/6/2024).

Anies kemudian menyinggung bagaimana dalam Pilpres lalu, dirinya dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin terus bersama.

"Saya dengan rasa hormat, rasa terima kasih menerima amanah yang diembankan kepada kami. Amanah ini adalah amanah besar tapi insyaAllah bukan amanah yang berat dan perjalanan harus dilalui bersama," kata dia.

"PKB DKI yang mendobrak, yang menerobos, yang memulai. Mudah-mudahan akan ada yang gabung bersama di dalam perubahan ini," kata Anies.

Baca juga: PKS Mengaku Ditawari Kursi Cawagub DKI, Begini Komentar Anies Baswedan

Anies menilai perlu keberanian dan keteguhan bagi PKB untuk mengusungnya di Pilgub Jakarta.

"Di balik itu semua dibutuhkan ketulusan keikhlasan luar biasa. Saya rasa itu menyalami semangat dari Pak Hasbi dan teman-teman PKB Jakarta  bahwa itu perjuangan untuk Jakarta ke depan," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas