Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pilkada Jateng: Belum Ada Tokoh Dominan, Kaesang Dinilai Cenderung Lebih Unggul dari Calon Lain

Namun, kata Saidiman, keunggulan Kaesang ini belum kokoh karena alasan terbesarnya adalah warga belum tahu figur calon lain.

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Pilkada Jateng: Belum Ada Tokoh Dominan, Kaesang Dinilai Cenderung Lebih Unggul dari Calon Lain
Instagram
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep menjadi sosok dengan popularitas tertinggi dalam bursa calon Wali Kota Solo dalam Pilkada Serentak 2024. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Saidiman Ahmad bicara peluang Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sekaligus putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, di Pilkada Jawa Tengah 2024.

Menurutnya, Kaesang sejauh ini cenderung paling unggul ketimbang calon lain.

"Kaesang sekarang cenderung lebih unggul dari calon lain," kata Saidiman kepada wartawan, Kamis (4/7/2024).

Namun, kata Saidiman, keunggulan Kaesang ini belum kokoh karena alasan terbesarnya adalah warga belum tahu figur calon lain.

Kemudian, tingkat pengenalan warga pada nama-nama calon gubernur potensial juga masih sangat rendah, umumnya di bawah 50 persen.

"Saya melihat belum ada tokoh yang benar-benar dominan dalam pemilihan gubernur di Jawa Tengah. Di antara nama-nama yang ada, Ahmad Luthfi dan Kaesang Pangarep sedikit lebih unggul dibanding yang lain, namun keunggulan keduanya tidak dominan," katanya.

Baca juga: Masinton Harap Prabowo Setelah Dilantik Tunjukan Karakter Kepemimpinan Awal, Tak Terpengaruh Jokowi

Saidiman mengatakan, dalam survei LSI yang baru dipublikasi pada dpertanyaan terbuka, masih ada 78,7 persen yang tidak bisa menjawab calon gubernurnya di Jateng secara sponton.

BERITA TERKAIT

"Dalam simulasi semi terbuka, tidak ada calon yang mendapatkan suara di atas 20 persen. Artinya pertarungan di Jawa Tengah masih sangat terbuka," katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas