Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bamsoet Dukung Rencana Golkar dan PSI Berkoalisi di Pilkada Serentak 2024

Bamsoet menerangkan koalisi antara Partai Golkar dan PSI yang bisa diwujudkan segera antara lain Pilkada di wilayah Kota Semarang

Penulis: Reza Deni
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Bamsoet Dukung Rencana Golkar dan PSI Berkoalisi di Pilkada Serentak 2024
Tribunnews.com/Taufik Ismail
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep, beri keterangan pers usai bertemu di kantor di DPP Golkar, Slipi, Jakarta, Kamis (11/6/2024). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Bambang Soesatyo, mendukung rencana koalisi antara Partai Golkar dengan Partai Solidaritas Nasional (PSI) dalam Pilkada Serentak 2024

Menurutnya, koalisi antarpartai politik dalam mengusung satu calon kepala daerah menjadi salah satu kunci kemenangan dalam pilkada serentak mendatang.




"Dalam pertemuan antara Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto dengan Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep disepakati adanya peluang koalisi untuk mendukung calon yang diajukan, baik dari Partai Golkar maupun PSI, yang akan berlaga di Pilkada 2024. Partai Golkar sendiri siap berkoalisi dengan partai politik, khususnya yang tergabung dalam Kabinet Indonesia Maju (KIM), untuk bersama memenangkan Pilkada mendatang," ujar Bamsoet dalam keterangannnya, Jumat (12/7/2024).

Baca juga: Hadiri Rapat Pleno Partai Golkar, Bamsoet Tegaskan Siap Menangkan Pilkada Serentak 2024

Bamsoet menerangkan koalisi antara Partai Golkar dan PSI yang bisa diwujudkan segera antara lain Pilkada di wilayah Kota Semarang, Jawa Tengah dan Provinsi DKI Jakarta. 

"Dalam pertemuan tadi dibahas beberapa daerah yang kemungkinan bisa dilakukan koalisi antara Partai Golkar dan PSI. Namun yang mengerucut baru untuk pemilihan walikota Semarang, dimana Partai Golkar mengusung kader Partai Golkar Dico Ganinduto, dan sudah didukung oleh Ketum PSI," kata dia.

Baca juga: Golkar dan PSI Sepakat Dukung Dico Ganinduto di Pilwalkot Semarang

"Selain itu, untuk pemilihan Gubernur DKI Jakarta, Partai Golkar siapkan Yusuf Hamka atau Babah Alun sebagai Calon Wakil Gubernur apabila Mas Kaesang memutuskan maju di Pilkada Provinsi DKI Jakarta,"  tambah Bamsoet.

BERITA TERKAIT

Ketua MPR RI itu, menegaskan bahwa Partai Golkar siap bertarung dalam Pilkada 2024.
Partai Golkar pun menargetkan menang besar sebesar 60 persen pada pemilihan gubernur, bupati serta Wali Kota yang tersebar di 37 provinsi, 415 kabupaten, dan 93 Kota se-Indonesia.

"Seluruh kader Partai Golkar terus bergerak. Kesuksesan memenangkan Pilkada serentak tahun 2020 sebesar 61 persen, menjadi partai pemenang pemenang Pemilu kedua terbesar tahun 2024 dan sukses mengusung pasangan Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, menjadi modal utama untuk memenangkan Pilkada serentak tahun ini," urai Bamsoet.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto melakukan pertemuan empat mata dengan Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep. Dalam pertemuan itu, belum disepakati nantinya Kaesang akan dimajukkan di Pilkada Jakarta atau Jawa Tengah 2024.

Adapun pertemuan empat mata Airlangga dan Kaesang berlangsung di Kantor DPP Golkar, Slipi, Jakarta, Kamis (11/7/2024). Pertemuan tersebut pun berlangsung selama lebih dari 1 jam.

Baca juga: Pengamat Sebut Duet Anies-Kaesang Berpeluang Terjadi Usai PSI Datangi Markas PKS

Airlangga menyampaikan ia dan Kaesang sepakat belum menentukan apakah putra bungsu Presiden Jokowi itu akan dimajukkan di Pilkada Jakarta atau Jawa Tengah. Hal yang pasti, masih ada waktu 2 bulan lagi untuk memutuskan.

"Ramai berita tentang bagaimana Mas Kaesang selaku Ketum PSI mau didorong kemana. Tadi kami tukar pikiran dalam lebar luas, kesimpulannya masih ada waktu untuk memutuskan masih ada waktu dua bulan," kata Airlangga dalam konferensi pers.

Golkar, kata Airlangga, dipastikan akan mendukung apapun keputusan yang diambil oleh Kaesang. Nantinya, partai berlambang beringin itu siap menjadi perahu politik dari Kaesang.

"Tetapi partai apabila kesempatan itu ada dan Mas Kaesang siap untuk maju, Golkar akan mendukung," katanya.

Di sisi lain, Menko Perekonomian itu pun mengaku siap mendorong kader Golkar yang juga bos jalan tol, Jusuf Hamka atau Baba Alun. Kadernya itu akan dimajukkan jika Kaesang memutuskan maju di Pilkada Jakarta 2024.

"Untuk mendukung Mas Kaesang seandainya beliau memilih Jakarta saya siapkan kader Golkar yang udah malang melintang di infrastruktur yaitu Baba Alun. Kita banyak punya waktu tidak terburu-buru, kita akan berbasis ilmiah dan tentu kita juga harus bicara dengan KIM," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas