Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bobby Diprediksi Tak Lawan Kotak Kosong di Sumut, Edy Rahmayadi-Ahok Jadi Penantang 

Agung Baskoro memprediksi kecil kemungkinan Bobby Nasution akan melawan kotak kosong dalam pemilihan gubernur (Pilgub) Sumatera Utara (Sumut) 2024.

Penulis: Fersianus Waku
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Bobby Diprediksi Tak Lawan Kotak Kosong di Sumut, Edy Rahmayadi-Ahok Jadi Penantang 
pemkomedan.go.id dan Instagram.com/bobbynst
Wali Kota Medan Bobby Nasution. Wali Kota Medan, Bobby Nasution. Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis Agung Baskoro memprediksi kecil kemungkinan Bobby Nasution akan melawan kotak kosong dalam pemilihan gubernur (Pilgub) Sumatera Utara (Sumut) 2024. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis Agung Baskoro memprediksi kecil kemungkinan Bobby Nasution akan melawan kotak kosong dalam pemilihan gubernur (Pilgub) Sumatera Utara (Sumut) 2024.

Menurut Agung, PDIP bisa mengusung calon gubernur dan wakil gubernur tanpa harus berkoalisi dengan partai politik lain di Pilgub Sumut 2024.

Sebab, PDIP mendapatkan 21 kursi dari syarat minimal untuk mengusung pasangan calon di Pilgub Sumut yakni memiliki 20 kursi di DPRD sebagaimana yang diatur dalam Pasal 40 ayat (1) UU Pilkada.




"(Kecil kecil kemungkinannya) karena secara institusional PDIP punya golden ticket untuk mengusung kadernya karena telah memenuhi Pilkada threshold," kata Agung kepada Tribunnews.com, Jumat (12/7/2024).

Lagipula, kata dia, saat ini sejumlah nama mulai mengemuka sebagai penantang menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Mereka adalah mantan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

"Kemudian, mengemuka nama-nama penantang Bobby yang juga petahana seperti Edy Rahmayadi dan Basuki Tjahaja Purnama yang memiliki kemampuan elektoral mumpuni karena sebagai petahana di Sumut (Edy) dan petahana di Jakarta (Ahok),"ujar Agung.

Baca juga: PDIP Tak Akan Biarkan Bobby Nasution Lawan Kotak Kosong di Pilkada Sumatera Utara

BERITA TERKAIT

Agung memprediksi Pilgub Sumut 2024 akan diikuti dua poros, apalagi jika PDIP berkoalisi dengan PKS.

"Apalagi jika PDIP jadi berkoalisi dengan PKS, maka kemungkinan head to head mengemuka semakin membesar ketimbang lawan kotak kosong," ucapnya.

Adapun, saat ini Bobby telah mengantongi dukungan dari tujuh parpol di Pilkada Sumut, yakni PKB, Golkar, Gerindra, NasDem, PAN, Demokrat, dan PPP.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas