Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

10 Rangkuman Jalan Politik Gibran: Minta Restu Megawati, Terpilih Wapres, Kini Mundur dari Wali Kota

Rangkuman perjalanan politik Gibran Rakabuming Raka, putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang melepas jabatan Wali Kota Solo.

Penulis: Wahyu Gilang Putranto
Editor: Suci BangunDS
zoom-in 10 Rangkuman Jalan Politik Gibran: Minta Restu Megawati, Terpilih Wapres, Kini Mundur dari Wali Kota
Kolase Tribunnews
Rangkuman perjalanan politik Gibran Rakabuming Raka, putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang melepas jabatan Wali Kota Solo. 

TRIBUNNEWS.COM - Mundurnya Gibran Rakabuming Raka dari jabatan Wali Kota Solo menambah daftar perjalanan politik putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Gibran resmi melayangkan surat pengunduran diri sebagai Wali Kota Solo kepada Ketua DPRD Kota Surakarta, Selasa (16/7/2024).

Setelah terpilih sebagai Wakil Presiden di Pemilu 2024, Gibran bakal dilantik bersama Prabowo Subianto pada 20 Oktober 2024.

Diketahui, pria berlatar belakang pengusaha itu memulai karier politiknya setelah bergabung sebagai kader PDI Perjuangan (PDIP) pada September 2019.

Berikut rangkuman perjalanan politik Gibran:

Perjalanan Politik Gibran Rakabuming Raka

1. Daftar Jadi Kader PDIP (23 September 2019)

Putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka di Kantor DPC PDIP Kota Surakarta Jalan Hasanudin No 26, Purwosari, Laweyan, Solo, Jawa Tengah, Senin (23/9/2019).
oPutra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka di Kantor DPC PDIP Kota Surakarta Jalan Hasanudin No 26, Purwosari, Laweyan, Solo, Jawa Tengah, Senin (23/9/2019). (KOMPAS.com/LABIB ZAMANI)

Gibran mendaftar sebagai kader PDIP di Kantor DPC PDIP Surakarta pada 23 September 2019.

Gibran saat itu juga mengungkapkan keinginan mencalonkan diri dalam pemilihan Wali Kota Solo.

BERITA TERKAIT

Gibran menyebut akan mengikuti arahan dan keputusan partai terkait pencalonan dirinya maju di bursa Pilwakot 2020 dari PDIP.

Baca juga: Lepas Kursi Wali Kota Solo, Gibran Diprediksi Bakal Dukung Jagoannya di Pilkada, Apakah Gusti Bhre?

"Saya mengikuti arahan dan tegak lurus pada semua keputusan partai," ungkap Gibran saat itu.

Saat itu diketahui DPC PDIP Solo mengusung Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa sebagai calon wali kota dan wakil wali kota.

2. Minta Restu Megawati (24 Oktober 2019)

Gibran Rakabuming Raka sowan kepada Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, di Jalan Tengku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, 24 Oktober 2019.

Gibran memastikan dirinya tidak maju menjadi calon wali kota Solo dari jalur independen seusai bertemu Megawati.

Gibran Rakabuming Raka saat tiba di kediaman Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (24/10/2019).
Gibran Rakabuming Raka saat tiba di kediaman Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (24/10/2019). (KOMPAS.com/Deti Mega Purnamasari)

"Saya sampaikan keseriusan saya untuk maju (Pilkada Solo). Saya sampaikan juga ke Bu Mega, saya sudah punya KTA PDI-P (kartu tanda anggota PDIP) dan saya tidak akan maju lewat independen seperti yang dikatakan di Solo kemarin. Itu tidak benar," kata Gibran.

3. Mendaftar Bakal Calon Wali Kota Solo (12 Desember 2019)

Gibran Rakabuming Raka akhirnya resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon Wali Kota Solo di kantor DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah, Panti Marhaen Semarang pada Kamis (12/12/2019).
Gibran Rakabuming Raka akhirnya resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon Wali Kota Solo di kantor DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah, Panti Marhaen Semarang pada Kamis (12/12/2019). (KOMPAS.com/RISKA FARASONALIA)

Gibran kemudian resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon Wali Kota Solo 2020-2025 melalui jalur DPD PDIP Jawa Tengah, Kamis (12/12/2019).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas