Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Viral Dugaan Pencatutan NIK KTP Warga Jakarta untuk Dukung Dharma Pongrekun, Bagaimana Cara Ceknya?

Sejumlah warga DKI mengaku menjadi salah satu korban yang identitas Nomor Induk Keluarga (NIK) di Kartu Tanda Penduduknya diduga dicatut sepihak

Penulis: Malvyandie Haryadi
zoom-in Viral Dugaan Pencatutan NIK KTP Warga Jakarta untuk Dukung Dharma Pongrekun, Bagaimana Cara Ceknya?
Tribunnews.com
Ilustrasi. Sejumlah warga DKI mengaku menjadi salah satu korban yang identitas Nomor Induk Keluarga (NIK) di Kartu Tanda Penduduknya diduga dicatut sepihak untuk mendukung pasangan tersebut. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pasangan calon independen Pilgub Jakarta, Dharma Pongrekun-Kun Wardhana, menjadi sorotan hari ini.

Pasalnya, ada sejumlah warga DKI mengaku menjadi salah satu korban yang identitas Nomor Induk Keluarga (NIK) di Kartu Tanda Penduduknya diduga dicatut sepihak untuk mendukung pasangan tersebut.

Para warga mengaku tidak pernah mendukung bahkan belum mengenal betul pasangan tersebut.

Bagaimana cara mengecek NIK warga terdaftar atau sebagai salah satu pendukung calon independen?

Buat warga Jakarta, silakan cek NIK kalian sendiri di sini: https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilihan/cek_pendukung

Pasangan Dharma Pongrekun dan Kun Wardana dinyatakan memenuhi syarat sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur jalur perseorangan pada Pemilihan Kepala Daerah Jakarta 2024 pada Kamis (15/8/2024). Dharma-Kun berhasil mencatatkan dukungan 677.468 warga Jakarta.

Hasil ini melampaui syarat dukungan. Berdasarkan ketentuan Pasal 41 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada, untuk lolos ke Pilkada Jakarta jalur independen, diperlukan minimal dukungan 618.998 warga Jakarta yang tersebar di minimal empat kota/kabupaten di Jakarta.

BERITA TERKAIT

Data dukungan untuk verifikasi faktual kedua yang diserahkan ialah 826.766 dukungan lolos verifikasi administrasi. Dari angka itu, data yang memenuhi syarat verifikasi faktual ada 494.467 dukungan dan yang tidak memenuhi syarat sebanyak 332.299 dukungan.

”Jika ditotal dengan data yang memenuhi syarat di verifikasi faktual pertama sejumlah 183.001 data dukungan, total bakal pasangan calon dari hasil rekapitulasi akhir data yang memenuhi syarat ialah 677.468 data,” kata Ketua Divisi Teknis Pemilu KPU DKI Jakarta Dody Wijaya.

Anies Baswedan Mengaku KTP 2 Anaknya Dicatut

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan NIK KTP kedua anaknya dicatut dalam Pilkada Jakarta 2024.

Anies mengatakan KTP anaknya digunakan tanpa izin mendukung bakal calon pasangan Dharma Pongrekun-Kun Wardana dari jalur perseorangan.

Keterangan tersebut disampaikan Anies Baswedan melalui aku X (Twitter) miliknya pada Jumat (16/8/2024).

Anies mengunggah tangkapan layar hasil pengecekan NIK KTP milik kedua anaknya atas nama Mikail Azizi Baswedan dan Kaisar Hakam Baswedan.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas