Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PDIP Beri Tantangan KIM Plus usai Resmi Usung Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta

PDI Perjuangan (PDIP) memberi reaksi terkait Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang kini resmi mengusung Ridwan Kamil (RK) dan Suswono di Pilkada DKI Jakar

Penulis: Milani Resti Dilanggi
Editor: Suci BangunDS
zoom-in PDIP Beri Tantangan KIM Plus usai Resmi Usung Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta
Fersianus Waku
Ketua DPP PDIP Bidang Ideologi dan Kaderisasi Djarot Saiful Hidayat - PDI Perjuangan (PDIP) memberi reaksi terkait Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang kini resmi mengusung Ridwan Kamil (RK) dan Suswono di Pilkada DKI Jakarta 2024.  

TRIBUNNEWS.COM - PDI Perjuangan (PDIP) memberikan reaksi terkait Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang kini resmi mengusung Ridwan Kamil (RK) dan Suswono di Pilkada DKI Jakarta 2024. 

Ketua DPP PDI-P, Djarot Saiful Hidayat, menantang KIM Plus melawan kotak kosong di Pilgub Jakarta. 

Djarot menilai, dengan deklarasi itu maka PDIP tidak bisa mencalonkan cagub-cawagub di Jakarta.

"Kita bisa melihat bagaimana nantinya kalau itu terjadi, maka PDI secara otomatis tidak bisa mencalonkan diri." 

"Kalau begitu, kami tantang apakah berani pasangan yang deklarasi dengan memborong semua partai itu melawan kotak kosong?" Kata Djarot di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (19/8/2024).

Djarot menilai, jika nantinya RK-Suswono tidak melawan kotak kosong maka akan berpeluang untuk melawan pasangan jalur independen yang menurutnya sebagai cagub boneka. 

"Mari kita lihat, atau ini akan berusaha diloloskan calon independen sebagai calon boneka, ya, karena banyak sekali ya, ini masukan suara dari warga yang merasa atau membuktikan KTP-nya dibegal, KTP-nya dicatut ini sudah pelanggaran sungguh-sungguh menurut saya," katanya.

BERITA TERKAIT

Meski tak memiliki kawan koalisi, Djarot mengatakan, partainya akan tetap terus berjuang bersama rakyat yang menginginkan kontestasi Pilgub Jakarta ini diikuti oleh banyak calon. 

"Jadi kami tantang itu, mari tetap berdiri teguh bahwa PDI Perjuangan akan melawan siapapun juga yang merusak atau yang bikin demokrasi nggak sehat di kota Daerah Khusus Jakarta."

"Kami akan posisi itu dan kami akan selalu bersama dengan rakyat yang mana rakyat menginginkan ada pilihan-pilihan yang sehat di dalam pertarung kontestasi kepala daerah, utamanya di Jakarta," katanya.

KIM Resmi Deklarasi RK-Suswono

Baca juga: Ridwan Kamil-Suswono Dianggap Sebagai Sosok yang Bisa Persatukan Warga Jakarta

KIM Plus resmi mendeklarasikan Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan politisi PKS, Suswono sebagai bakal cagub-cawagub di Pilkada Jakarta 2024. 

Deklarasi dibacakan langsung oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra, Ahmad Muzani di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Senin (19/8/2024) sore.

"Pada Hari ini, Senin 19 Agustus 2024, kami partai politik yang tergabung dalam Koalisi Jakarta baru untuk Jakarta maju menyatakan mengusung Haji Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D sebagai calon gubernur dan Dr. Ir. Haji Suswono M.M.A sebagai calon wakil gubernur pada Pemilihan Kepala Daerah Khusus Jakarta tahun 2024."

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas