Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hasto Sebut Peluang Tetap Usung Airin-Ade Sumardi di Pilgub Banten Meski Bahlil Ketua Umum Golkar

Meski Bahlil jabat Ketua Umum Golkar, peta koalisi tidak berubah, PDIP-Golkar jalin kerja sama politik di Pilgub Banten.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Hasto Sebut Peluang Tetap Usung Airin-Ade Sumardi di Pilgub Banten Meski Bahlil Ketua Umum Golkar
TribunBanten.com/Engkos
PDIP dan Golkar menduetkan Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi sebagai pasangan bakal calon gubernur-calon wakil gubernur Banten di Pilgub Banten 2024. Meski Bahlil jabat Ketua Umum Golkar, peta koalisi tidak berubah, PDIP-Golkar jalin kerja sama politik di Pilgub Banten. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyampaikan perubahan kursi Ketua Umum Golkar yang kini dijabat Bahlil Lahadalia tidak akan berpengaruh banyak terhadap peta koalisi.

Termasuk, soal peluang PDIP dan Golkar yang akan menjalin kerja sama politik di Pilgub Banten.

Hal itu disampaikan Hasto saat ditanya wartawan perihal konstelasi Pilkada apakah akan berubah setelah Bahlil jadi Ketua umum Golkar dan peluang PDIP-Golkar di Pilkada Banten.




"Ya sebenarnya peta pilkada tidak banyak berubah selama kita berpegang pada suara rakyat, pada kehendak rakyat," kata Hasto usai menghadiri pengumuman 169 calon kepala daerah dari PDIP gelombang kedua di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Kamis (22/8/2024).

Hasto menyatakan kekuatan rakyat tercermin dalam tindakan PDIP.

Dimana, partainya terus berupaya menyerap aspirasi rakyat Banten dengan berkoalisi bersama Golkar.

"Karena ketika konfigurasi kekuasaan itu mencoba dilakukan konsolidasi dengan membendung calon-calon yang punya potensi karena adanya ambisi kekuasaan, rakyat akhirnya akan bergerak," ujar Hasto.

Baca juga: Golkar Ngotot Tetap Usung Airin Jadi Cagub Banten: Secara Elektoral Sudah Teruji

BERITA TERKAIT

Hasto menegaskan kerja sama politik di Pilgub Banten sesuai dengan aspirasi rakyat. Sehingga menurutnya koalisi itu tak bisa dibendung.

"Jadi ini menunjukkan bagaimana kedaulatan rakyat itu tidak bisa diabaikan, tidak bisa dibungkam dengan benteng-benteng kekuasaan," jelas Hasto.

Oleh karena itu, Hasto menyebut duet Ketua DPD PDIP Banten Ade Sumardi mendampingi politikus Partai Golkar Airin Rachmi Diany terbuka lebar di Pilgub Banten.

"Dari laporan yang kami terima termasuk dari Pak Ahmad Basarah yang memang bertugas di Banten bersama dengan Mbak Ning ada gerakan rakyat untuk semakin mengukuhkan pasangan Mba Airin dan Ade Sumardi. Jadi kami terus mencermati dinamika tersebut dan ini merupakan hal yang positif karena ini adalah pergerakan rakyat," pungkas Hasto.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas