Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Golkar Beralih Dukung Airin-Ade dari Andra-Dimyati di Pilkada Banten, Demokrat: Pilihan Rasional

Demokrat menilai Partai Golkar melakukan pilihan rasional usai beralih mendukung Airin-Ade ketimbang Andra-Dimyati di Pilkada Banten 2024.

Penulis: Yohanes Liestyo Poerwoto
Editor: Nuryanti
zoom-in Golkar Beralih Dukung Airin-Ade dari Andra-Dimyati di Pilkada Banten, Demokrat: Pilihan Rasional
Istimewa
Deputi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani. Demokrat menilai Partai Golkar melakukan pilihan rasional usai beralih mendukung Airin-Ade ketimbang Andra-Dimyati di Pilkada Banten 2024. 

TRIBUNNEWS.COM - Partai Demokrat menghormati keputusan Partai Golkar untuk mendukung pasangan Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi setelah sebelumnya sempat mendeklarasikan dukungan ke Andra Soni-Dimyati Natakusumah di Pilkada Banten 2024.

Deputi Bappilu Partai Demokrat, Kamhar Lakumani mengungkapkan sikap Golkar tersebut merupakan pilihan yang rasional.

"Kami menghormati kedaulatan dan sikap politik Partai Golkar yang setelah melewati berbagai dinamika akhirnya memajukan kadernya sendiri Airin Rachmi Diany pada Pilgub Banten berpasangan dengan Ade Sumardi. Ini pilihan yang rasional," katanya kepada Tribunnews.com, Selasa (27/8/2024).




Kamhar mengatakan dunia politik memang dinamis dan tidak jarang akan terjadi perubahan dukungan di menit-menit akhir seperti yang dilakukan Partai Golkar dengan merubah dukungan ke Airin-Ade Sumardi di Pilkada Banten.

"Sampai pada hari terakhir pendaftaran, selalu terbuka ruang terjadi perubahan dukungan atau pergantian pasangan calon," katanya.

Lalu, ketika ditanya apakah beralihnya dukungan Golkar ini menjadi wujud Koalisi Indonesia Maju (KIM) mengalami keretakan di Pilkada Banten, Kamhar membantahnya.

Menurutnya, apa yang dilakukan Golkar tersebut merupakan dinamika politik biasa.

BERITA TERKAIT

Ditambah, putusan Mahkamah Konstitusi (MK) dan perubahan Peraturan KPU (PKPU) turut mengubah konstelasi politik di banyak daerah.

"Tidak ada keretakan (di KIM usai Golkar mendukung Airin-Ade). Dinamika politik seperti ini biasa saja."

"Apalagi memang pasca-putusan MK dan pengesahan PKPU yang baru oleh DPR, tentu saja konfigurasi dan konstelasi politik di daerah banyak yang berubah," jelas Kamhar.

Baca juga: Lobi-lobi Golkar Demi Usung Airin-Ade di Pilgub Banten, Bahlil Singgung Nama Prabowo Hingga Dasco

Golkar Beralih Dukungan, Kini Usung Airin-Ade Sumardi

Sebelumnya, kabar mengejutkan datang dari Partai Golkar lantaran saat ini kembali mendukung Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi di Pilkada Banten 2024.

Padahal sebelumnya, Partai Golkar mengusung Andra Soni-Dimyati Natakusumah menjadi calon.

Ketua Umum Golkar, Bahlil Lahadalia beralasan partai yang dipimpinnya kembali mendukung Airin karena merupakan partai yang terbuka dan inklusif.

Selain itu, Bahlil juga menyinggung soal Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus terkait pengusungan Airin dan Ade Sumardi di Pilkada Banten 2024.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas