Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Politik Sandera di Balik Batalnya Anies Maju Pilkada 2024 Lewat PDIP, 4 Faktor Ini jadi Penghalang

Merinci soal dugaan cawe-cawe Jokowi dalam hal gagalnya Anies maju Pilgub 2024, Refly menyebutkan, ada ancaman yang diarahkan Jokowi kepada Megawati

Penulis: Ibriza Fasti Ifhami
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Politik Sandera di Balik Batalnya Anies Maju Pilkada 2024 Lewat PDIP, 4 Faktor Ini jadi Penghalang
Kolase Tribunnews/Ist
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (kiri) serta mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan mantan Gubernur Banten Rano Karno. 

Laporan wartawan Tribunnews, Ibriza Fasti Ifhami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Usai gagal pada Pilpres 2024, mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan kembali menemui kegagalan saat hendak ingin maju kembali sebagai Calon Gubernur pada kontestasi Pilkada Serentak 2024.

Pihak PDIP di bawah kepemimpinan Megawati Soekarnoputri sempat ingin menduetkan Anies dengan kader PDIP yang juga mantan Gubernur Banten, Rano Karno, untuk Pilkada Jakarta, namun upaya itu gagal terlaksana karena beberapa kendala.




Tak berhenti di situ. Pihak PDIP pun sempat ingin menduetkan Anies Baswedan dengan Ketua DPD PDIP Jawa Barat Ono Surono untuk kontestasi Pilkada Jawa Barat. Lagi, rencana itu kandas karena adanya penghalang.

Lalu, sebenarnya apa penyebab gagalnya Anies Baswedan maju pada Pilkada Serentak 2024?

Basecamp Tim Operasional Anies Baswedan, di Jalan Brawijaya X, Jakarta Selatan tampak ramai, sejak Kamis (29/8/2024) petang hingga malam.

Para awak media menunggu informasi mengenai kelanjutan maju atau tidaknya Anies Baswedan berpasangan dengan Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Ono Surono, di Pilgub Jawa Barat 2024.

BERITA TERKAIT

Anies memang sempat dikabarkan akan berangkat ke Bandung, pada hari yang sama. Staf khusus Anies Baswedan, Naufal Firman Yursak, mengunggah di akun X pribadinya, @firmanyursak, foto selembar tiket kereta api jarak jauh dengan keberangkatan dari Stasiun Gambir. Foto itu diunggahnya pukul 18.25 WIB.

Adapun pada tiket kereta api jarak jauh tersebut tertulis, tujuan keberangkatan ke Bandung, pada pukul 21.24 WIB. Namun pukul 20.30 WIB kabar jadi atau tidaknya Anies berangkat ke Bandung sumir.

Hingga sekira pukul 21.00 WIB, Anies dipastikan tidak jadi melenggang di kontestasi pemilihan gubernur Jawa Barat. Juru Bicara Anies, Sahrin Hamid, memastikan informasi tersebut kepada para wartawan.

"Anies tidak maju di (Pilgub) Jabar," tegas Sahrin saat menemui wartawan di depan pintu utama rumah pemenangan Anies, di Brawijaya X.

Baca juga: Suara Jokowi Meninggi dan Mata Melebar Dituding jadi Dalang Gagalnya Anies Maju Pilkada

Keterangan Sahrin tersebut tentu mengejutkan publik, khususnya para pendukung Anies. Sebab, pada Kamis sore, Bendahara DPC PDIP Kota Bandung, Folmer Siswanto, dengan percaya diri menyebut kepastian Anies dan Ono mendaftar ke KPU Jawa Barat sudah 95 persen.

Namun, PDI Perjuangan nyatanya mengusung duet calon gubernur Jeje Wiradinata dan calon wakil gubernur Ronal Surapradja di Jawa Barat.

Sebelumnya, Anies lebih dulu gagal maju di Pilgub Jakarta 2024. Duetnya dengan pemeran film legendaris 'Si Doel Anak Betawi', Rano Karno, kandas usai PDI Perjuangan mengusung Pramono Anung-Rano Karno.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas