Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Program Bongkar Aspirasi Ridwan Kamil Disebut Mirip Desak Anies, Inisiator Beri Penjelasan

Benarkah Bongkar Aspirasi Ridwan Kamil atau BARK yang diselenggarakan oleh Reimajinasi.id menduplikat kegiatan Desak Anies pada Pemilu kemarin?

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Program Bongkar Aspirasi Ridwan Kamil Disebut Mirip Desak Anies, Inisiator Beri Penjelasan
istimewa
Inisiator program Bongkar Aspirasi Ridwan Kamil atau BARK Ghifari Fachrezi. Benarkah Bongkar Aspirasi Ridwan Kamil atau BARK yang diselenggarakan oleh Reimajinasi.id menduplikat kegiatan Desak Anies pada Pemilu kemarin? 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ramai diperbincangkan di media sosial, bahwa kegiatan Bongkar Aspirasi Ridwan Kamil atau BARK yang diselenggarakan oleh Reimajinasi.id, di Hallf Patiunus, Jakarta Selatan, Sabtu (14/9/2024), menduplikat kegiatan Desak Anies pada Pemilu kemarin.

Sebab diketahui, BARK turut mengusung konsep town hall politik, dengan format diskusi terbuka, antara Ridwan Kamil dengan masyarakat umum yang hadir.

Menariknya, ternyata sosok di balik BARK memang merupakan satu di antara penggagas gerakan Ubah Bareng, yang juga inisiator event Desak Anies, yaitu Ghifari Fachrezi.




Ghifari Fachrezi mengungkap bahwa dirinya bersama dengan teman-temannya, memiliki visi yang sama yaitu membawa kontestasi politik Indonesia, ke dalam level pertarungan gagasan.

“Kemarin ada yang bilang konsepnya mirip Desak Anies, visualnya juga ‘kelihatan’ sama. Ya karena memang yang mengerjakan orangnya sama, saya dan tim. Lagian saya bingung, kenapa harus resisten ya? Justru inikan bagus untuk pendidikan politik masyarakat. Malah kalau bisa setiap calon kepala daerah di seluruh wilayah bikin acara dengan konsep seperti ini. Bakal bagus banget itu,” kata Ghifari dalam keterangannya Minggu (15/9/2024).

Lebih lanjut, Ghifari mengaku bahwa dirinya bersama tim, justru berharap budaya politik yang mendidik dapat kian masif di Indonesia.

Hal ini agar nantinya, masyarakat dapat membuat keputusan politik berdasarkan pertimbangan yang rasional.

Baca juga: Ridwan Kamil dapat Keluhan dari Kaum Disabilitas: Perpanjang KJP hingga Fasilitas Lift

BERITA TERKAIT

“Kami punya visi untuk menghadirkan dan membudayakan program politik yang mendidik dan berpaku pada substansi. Biar politik bisa jadi arena tarung gagasan. Apalagi dari perspektif anak-anak muda, kita kan ingin melihat, menilai, dan menguji setiap calon pemimpin yang ada. Agar setiap keputusan politik yang dihasilkan berbasis pada rasionalitas,” ucapnya.

Dia menambahkan, program BARK ini akan terus dilakukan di beberapa titik lainnya di kota Jakarta.

“Jadi nanti kita bakal bikin lagi yang seperti ini di beberapa titik lainnya di Jakarta. Biar seluruh lapisan masyarakat, bisa hadir untuk mendengar dan menguji calon pemimpinnya secara langsung,” pungkasnya.

 

 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas