Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

RK Janjikan Dana Rp 200 Juta RT/RW di Jakarta, Pengamat: Bernuansa Gratifikasi dan Tidak Rasional

Pengamat soroti janji Ridwan Kamil (RK) soal dana Rp200 juta untuk RT/RW di Jakarta jika terpilih nantinya, menurutnya itu bernuansa gratifikasi.

Penulis: Rahmat Fajar Nugraha
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in RK Janjikan Dana Rp 200 Juta RT/RW di Jakarta, Pengamat: Bernuansa Gratifikasi dan Tidak Rasional
Tribunnews/JEPRIMA
Pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil dan Suswono didampingi elite partai pengusung yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) plus mendaftarkan diri di kantor KPU DKI, Salemba Raya, Jakarta Pusat, Rabu (28/8/2024). Pasangan RK-Siswono maju Pilkada DKI Jakarta dengan dukungan koalisi gemuk dari sejumlah partai politik yaitu Partai Gerindra, Partai Golkar, PAN, Partai Demokrat, PSI, PKB, NasDem, PPP dan Perindo serta partai nonparlemen yaitu Partai Gelora, Partai Garuda, PBB, PRIMA dan PKN. Pengamat soroti janji Ridwan Kamil (RK) soal dana Rp200 juta untuk RT/RW di Jakarta jika terpilih nantinya, menurutnya itu bernuansa gratifikasi. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Eksekutif Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah menyoroti janji Bakal calon gubernur (cagub) Jakarta Ridwan Kamil (RK) dana Rp200 juta untuk RT/RW di Jakarta jika terpilih nantinya.

Menurut Dedi janji tersebut bernuansa gratifikasi, tidak rasional dan berpotensi tidak terealisasi.

"Janji politis dan populis semacam itu memang sejauh ini efektif pengaruhi pemilih, utamanya program yang ditawarkan pada aparat pemerintah, ini akan membuat aparat bekerja seperti sales bagi Ridwan Kamil," kata Dedi dihubungi Selasa (17/9/2024).




Secara umum, menurutnya program tersebut bernuansa gratifikasi, mengingat program dalam bentuk dana dan dijanjikan sebelum ada regulasi yang detail terkait sistem pendanaan tersebut.

"Ridwan Kamil sangat mungkin tebar janji semanis mungkin, meskipun tidak rasional dan potensial tidak terealisasi mengingat ia banyak mendapat penolakan," terangnya.

Menurutnya progam tersebut mereplikasi cara kampanye Prabowo yang menjanjikan hal populis seperti makan siang gratis.

"Yang hingga kini justru kian polemis, Ridwan Kamil jelas mengasosiasikan kelompoknya sebagai bagian dari Prabowo," tegasnya.

BERITA TERKAIT

Sebelumnya Bakal calon gubernur (cagub) Jakarta dari KIM Plus Ridwan Kamil (RK) memberikan klarifikasi soal pemberian dana Rp200 juta yang jadi program dirinya bersama Suswono untuk RT/RW di Jakarta jika terpilih nantinya.

Kata Ridwan Kamil, dana Rp 200 juta itu bukanlah insentif yang diberikan pemerintah provinsi nantinya kepada ketua RT/RW, melainkan untuk dana operasional.

"Itu bukan insentif, saya klarifikasi. Kalau insentif itu penghasilan (gaji) RT RW, kalau ini (dana Rp200 juta untuk) hal baru, seluruh RT RW nya dikasih pagu anggaran untuk mendesain masa depan," kata Ridwan Kamil saat ditemui awak media di Kawasan Kemayoran, Jakarta Utara, Senin (16/9/2024).

Baca juga: Ridwan Kamil Target Menang 1 Putaran, Rano Karno: Kita Juga Mau, 2 Putaran Ngos-ngosan

Ridwan Kamil membeberkan beberapa hal yang bisa dilakukan dengan dana Rp200 juta yang nantinya akan diberikan kepada RT/RW tersebut.

Salah satunya yakni, membereskan seluruh persoalan wilayah yang berkaitan dengan kebersihan.

"Duitnya itu bukan buat gaji, tapi buat RT RW memberesi sampah, beli motor sampah, bikin bak sampah di tiap pengkolan, bikin gapura, bantuin warung-warung yang kumuhnya, di kasih modal, terserah RW nya," beber dia.

Sementara kalau di suatu lingkungan tersebut sudah dinilai nyaman dan bersih, maka dana Rp200 juta tersebut kata dia, bisa dialokasikan untuk persoalan lain.

Mantan Gubernur Jawa Barat itu memberikan contoh seperti halnya membuat pagelaran atau acara kampung di RW setempat.

"Kalau RT RW nya udah rapih, ekonomi nya udah bagus, jadi pake lah (uang Rp200 juta itu) untuk Festival RW, mungkin. Perdua atau tiga bulan untuk apa," beber dia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas