Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

4 Hasil Survei Terbaru Pilgub Jakarta 2024 Jelang Debat Perdana, RK-Suswono Vs Pram-Rano Kian Ketat

4 hasil survei terbaru elektabilitas Ridwan Kamil-Suswono (RIDO), Dharma Pongrekun-Kun Wardana, dan Pramono-Rano jelang debat perdana Pilgub Jakarta 2

Editor: Adi Suhendi
zoom-in 4 Hasil Survei Terbaru Pilgub Jakarta 2024 Jelang Debat Perdana, RK-Suswono Vs Pram-Rano Kian Ketat
Kolase Tribunnews.com
Elektabilitas tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta Pramono-Rano Karno, Ridwan Kamil-Suswono, dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana jelang debat perdana, Minggu (6/10/2024). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Berikut hasil survei terbaru elektabilitas tiga pasangan calon gubernur-calon wakil gubernur Ridwan Kamil-Suswono (RIDO), Dharma Pongrekun-Kun Wardana (Dharma-Kun), dan Pramono Anung-Rano Karno jelang debat perdana Pilgub Jakarta 2024.

Debat perdana Pilgub Jakarta 2024 akan digelar  Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Utara,  Minggu (6/10/2024).

Debat akan mengusung tema Penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Transformasi Jakarta menjadi Kota Global.

Empat lembaga survei diketahui sudah merilis hasil survei elektabilitas atau tingkat keterpilihan RK-Suswono, Dharma-Kun, dan Pramono-Rano dalam Pilkada Jakarta 2024.

Keempat lembaga tersebut di antaranya Lembaga Survei Indonesia (LSI), Survei Proximity Indonesia, Poltracking, dan Charta Politika.

Dilansir dari chartapolitika.com, melihat tren dari 3 survei terakhir LSI, Poltracking, dan Charta Politika terlihat elektabilitas dari awal hingga akhir September 2024, Ridwan Kamil-Suswono turun 3,5 persen, Dharma-Kun naik 2,4 persen, dan Pramono-Rano Karno naik 8,1 persen.

Baca juga: Debat Perdana Pilgub Jakarta Tidak Pakai Podium, Cagub-cawagub Boleh Bawa Catatan

Berdasarkan survei Poltracking dan Charta Politika belum ada satu pasangan calon yang menyentuh angka 50 plus satu. 

BERITA REKOMENDASI

Sehingga besar kemungkinan Pilkada Jakarta 2024 berlangsung dua putaran.

Baik Charta Politika maupun Poltracking Indonesia, menyatakan kemungkinan persaingan RK-Suwono Vs Pramono-Rano Karno akan ketat, karena masa kampanye baru dimulai.

Dalam survei Charta Politika yang dilakukan terhadap 1.200 responden pada 19 -24 September 2024 terungkap  pula efek dukungan Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dalam Pilkada Jakarta 2024.

Baca juga: Debat Perdana Pilgub Jakarta: RK, Pramono, Dharma Diadu soal Penguatan SDM dan Transformasi Kota

Sebanyak 27 persen responden menyatakan akan memilih pasangan calon Gubernur–Wakil Gubernur yang didukung Anies Baswedan.

Kemudian 53,0 persen menyatakan tidak akan mendukung calon gubernur dan calon wakil gubernur yang didukung Anies Baswedan.

Selanjutnya, 20 persen responden menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab.

Saat ditanya soal dukungan Ahok terhadap calon tertentu, terungkap 22,8 persen responden menjawab akan memilih pasangan calon Gubernur–Wakil Gubernur yang didukung Ahok.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas